Keren, Google Maps Kini Bisa Lacak Lokasi Dan Perjalanan Teman

Berbagi Lokasi Secara Real Time Dengan Teman – Langkah Google mengubah tampilan utama Google Maps pada Februari lalu kini sudah diketahui maksud dan tujuannya. Tak lain dan tak bukan Google mempunyai rencana jangka panjang untuk membuat semakin interaktif dan secara perlahan menggelontorkan fitur-fitur baru. Peta digital buatan Google saat ini bisa dipakai untuk berbagi lokasi dan melacak perjalanan orang┬álain.

Salah satu pertanyaan yang paling sulit dijawab secara akurat adalah” jam berapa sampai disini? Pertanyaan seperti itu hampir selalu dilontarkan ketika sedang ada janji. Mungkin Anda akan menjawab sekitar 15 menit atau 30 menit, padahal Anda sendiri tidak mengetahui kapan Anda sampai.

Kali ini Google akan membantu Anda dengan menghadirkan fitur pembagian lokasi secara langsung alias real-time pada layanan peta digital Maps. Ini adalah langkah lebih lanjut dari pembagian titik lokasi alias share-location. Fitur pelacakan real-time ini bakal hadir di dua platform mobile populer, Android dan iOS. Dengan kemampuan real-time teman akan bisa memantau perjalanan secara langsung.

Mekanisme ini sama seperti ketika Anda janjian, fitur ini juga akan bisa menghapus keraguan, ketika menanyakan keberadaan, bisa dengan membagikan lokasi secara real-time dan bisa dipantau hingga waktu yang ditentukan.

Lalu bagaimana mengoprasikannya? Pertama cukup buka aplikasi Maps yang sudah diperbarui lalu pilih menu yang terletak disamping atau ketuk lingkaran kecil berwarna biru yang menunjukan dimana Anda berada. Selanjutnya ketuk berbagi lokasi “share location” lalu pilih orang yang akan Anda bagiakan lokasi. Dan pastikan Orang tersebut sudah terhubung sebagai kontak pada akun Google Maps Anda.

Kemudian atur berapa lama durasi waktu berbagi lokasi. Bisa memilih dalam kurun waktu menit hingga jam, begitu durasi selesai teman tidak akan lagi bisa memantau lokasi Anda secara real-time. Google Maps juga akan memberikan tautan yang harus dibagikan pilih melalui aplikasi chatting, misalnya WhatsApp atau Line.

Anda bisa mengetahui siapa saja teman dari pilihan Anda yang benar-benar memantau perjalanan Anda. Dilayar aplikasi akan tampil sebuah ikon tepatnya diatas kompas yang akan mengingatkan bahwa Anda sedang aktif berbagi lokasi. Anda juga bisa mengatur kapan harus berhenti berbagi lokasi. Fitur pembagian lokasi real-time ini bakal segera hadir diseluruh dunia secara bertahap. Indonesia akan kebagian dalam beberapa pekan ke depan.

Top