iOS 11 Siap Hapus 200 Ribu Aplikasi Lawas

iOS 11 Segera Hapus Aplikasi yang Telah Usang –  Umumnya, sudah kita ketahui bersama bahwa aplikasi mobile seperti di iOS atau Android, biasanya memiliki pembaruan sistem secara berkala. Akan tetapi, tampaknya masih ada saja beberapa aplikasi yang pengembangnya tak melakukan pembaruan berkala. Sehingga wajar jika aplikasi ini tidak lagi digunakan.

maka dari itu, melihat banyaknya sejumlah aplikasi yang dianggap usang atau obsolete, Apple pun dikabarkan akan segera menghapusnya tanpa kompromi. Hal tersebut diketahui dalam laporan lembaga riset Sensor Tower yang telah dimuat di Cult of Mac pada Jumat (17/3/2017). Dalam laporannya tersebut diberitakan bahwa Apple akan hapus sekitar 200 ribu aplikasi melalui sistem operasi terbarunya yang bernama iOS 11.

Terkait dengan aplikasi yang akan dihapus tersebut, belum lama ini Sensor Tower memperkirakan bahwa 200 ribu aplikasi tersebut merupakan aplikasi 32-bit yang diklaim sudah tak mendapat dukungan sistem operasi terbaru. Bahkan, hampir seluruh aplikasi tersebut diklaim tak dapat berjalan sempurna di iOS 10.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya, aplikasi yang telah dianggap usang tersebut merupakan aplikasi iOS sendiri yang telah dirilis untuk perangkat generasi lawas dengan prosesor 32-bit. Mulai dari iPhone 3 GS hingga iPhone 5. Sementara itu di sisi lain, perangkat berprosesor 64-bit pertama milik Apple adalah iPhone 5s.

Terkait kabar akan penghapusan sekitar 200 aplikasi tersebut maka pihak Apple pun kini mengimbau kepada seluruh pengembang aplikasi untuk kembali merancang aplikasi buatannya yang kompatibel dengan perangkat berprosesor 64-bit. Hal itu dilakukan agar ke depannya tetap berjalan prima di sistem operasi iOS 11.

Bahkan, pada saat menjelang update iOS 11, Apple sendiri diketahui sudah lebih dulu merilis iOS 10.3 versi beta publik 4 pada Februari 2017 lalu. Untuk versi beta ini sebelumnya hanya tersedia bagi para pengembang saja. Namun, sekarang publik penguji versi beta ini (public beta tester) juga dapat mencobanya. Pembaruan meluncur sepekan setelah iOS 10.3 beta publik versi ketiga.

Di sisi lain, apabila paada versi beta, pengguna akan diberikan peringatan ketika masih mengunduh aplikasi 32-bit. “Aplikasi ini tidak akan berjalan dengan iOS terbaru di waktu mendatang. Pengembang aplikasi harus memperbaruinya agar dapat meningkatkan kompatibilitas,” tulis Apple.

Top