Inilah Samsung DeX yang Bisa Bikin Galaxy 8 Jadi PC

Samsung DeX – Kemarin Samsung resmi memperkenalkan perangkat teranyarnya yakni Samsung galaxy 8 dan Galaxy S8 Plus. Selain kedua produk tersebut, Samsung juga memeperkenalkan sebuah teknologi baru yang bernama Samsung DeX Station. Produk terbaru Samsung ini memang cukup menarik perhatian banyak pihak pasalnya, dengan menggunakan perangkat ini, Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus dapat diubah menjadi sebuah komputer.

Samsung DeX

Lantas bagaimana cara kerja dari Samsung DeX ini? Bagi sobat yang mengetahui Continuum dari Microsoft, kemempuan dari Samsung DeX ini tak berbeda jauh yakni menjadi dock khusus untuk mengubah perangkat Galaxy S8 menjadi sebuah komputer. Dengan menggunakan DeX ini, sobat bisa mengakses Samsung Galaxy S8 ini menggunakan keyboard dan mouse layaknya komputer.

DeX memang dirancang dengan fitur unik yang memungkinkan pengguna Android untuk dapat menggunakan perangkat tambahan keyboard dan mouse. Dalam membuat perangkat ini, Samsung memang tidak sendiri, pabrikan gadget Korea Selatan ini bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk Microsoft dan Adobe. Tak heran jika fitur ini juga kompatibel dengan Microsoft Office dan Acrobat reader dan Lightroom Mobile.

Bahkan pengguna pun dapat menikmati akses virtual desktop melalui Citrix, VMware dan Amazon Web Service secara jarak jauh dan aman. Dilansir dari phone arena, cara penggunaan perangkat ini sendiri cukup mudah. Aksesori ini hanya perlu dihubungkan dengan monitor melalui port HDMI, namun pengguna juga bisa memanfaatkan perangkat Bluetooth, keyboard, dan mouse yang mendukung USB atau RF.

Mengenai spesifikasinya, Samsung DeX ini memiliki dua port USB 2.0, ethernet, USB Type-C dan kipas sebagai pendingin. Selain itu, perangkat tambahan ini juga dibekali dengan fitur fast charging yang memungkinkan Galaxy S8 tetap dapat terisi saat terhubung dengan perangkat ini.

Rencananya, Samsung DeX ini akan dijual dalam satu paket bersama Galaxy S8 maupun S8 Plus untuk beberapa wilayah pemasaran. Sementara untuk wilayah yang tidak termasuk dalam program tersebut, Samsung deX ini akan dijual secara terpisah dengan harga berkisar antara 150 Euro atau sekitar Rp. 2,1 jutaan.

Top