Ini Dia Alasan Galaxy S8 dan S8 Plus Tak Usung Kamera Ganda

Letak Kamera dan Sensor Fingerprint Berdampingan di Punggung Galaxy S8 dan S8 Plus – Fitur kamera ganda (dual kamera) memang tengah menjadi tren pada smartphone masa kini. Fitur dual kamera ini dihadirkan dengan berbagi fungsi misalnya mengoptimalkan selfie pada Oppo dan Vivo, meningkatkan opsi pengambilan gambar dengan focal length berbeda layaknya LG (wide angle) dan iPhone (tele), atau menawarkan kamera dedicated untuk foto black and white seperti Huawei.

Letak Kamera Dan Sensor Fingerprint Berdampingan Di Punggung Galaxy S8 Dan S8 Plus

Namun, berbeda halnya dengan Samsung. Ponsel flagship terbaru besutan vendor Korea Selatan  ini, Galaxy S8 dan S8 Plus, justru masih mempertahankan fitur kamera yang terlihat konvensional, yaitu kamera belakang beresolusi 12 megapiksel dan kamera depan beresolusi 8 megapiksel untuk selfie.

Samsung sendiri berpendapat belum perlu mengaplikasikan teknologi dual kamera pada smartphone. Product Planning Group Samsung. Seung-min Choi, mengungkapkan sebuah alasan bahwa teknologi dual kamera di smartphone hingga saat ini dirasa masih belum matang. Alih-alih menghadirkan fitur dual kamera, Samsung justru meletakkan kamera belakang berdampingan dengan sensor pemindai sidik jari.

Choi mengatakan jika teknologi dual kamera saat ini lagi-lagi masih terfokus pada penyediaan dua lensa berbeda (wide-norma atau wide-tele). Oleh sebab itu, pihak Samsung merasa masih belum ada keuntungan yang signifikan bagi konsumen.

Meski begitu, Choi tak menutup kemungkinan jika Samsung juga bakal ikut menggunakan teknologi dual kamera itu pada smartphone buatannya di masa yang akan datang. Namun untuk saat ini, Samsung masih berfokus dengan fitur mendasar pada kamera sembari terus menyempurnakan teknologi kamera ganda.

Hal ini bukan berarti bahwa Galaxy S8 tidak dibekali dengan kamera berkualitas. Smartphone andalan Samsung ini memiliki kamera utama beresolusi 12 megapiksel yang sudah ditemani fitur optical image stabilizer.

Sedangkan kamera depannya hadir dengan resolusi 8 megapiksel dan secara perdana dibekali dengan teknologi autofocus yang mampu mendeteksi dan melacak fokus wajah pengguna.

Galaxy S8 dan S8 Plus akan dijual di Indonesia dengan sesi pre-order mulai tanggal 8 April nanti. Galaxy S8 akan dijual dengan harga Rp 10,5 juta, sedangkan Galaxy S8 Plus dibanderol Rp 12 juta.

Top