Hati-Hati Pesan Palsu di Messenger dengan Iming-Iming Hadiah

Broadcast Spam di Messenger – Setelah hoax, kini kembali muncul hal yang membuat para pengguna aplikasi chat di Android waspada yakni broadcast spam. Pesan tersebut berisi mengenai pengumuman bahwa sang penerima pesan telah menerima sebuah hadiah mobil dan diharuskan mengunjungi situs tertentu. Hal ini tentu perlu diwaspadai, pasalnya pesan dengan mengatasnamakan suatu perusahaan terkenal yang memberikan hadiah memang tergolong modus penipuan yang sudah cukup lama.

Broadcast Spam Di Messenger

Dilansir dari tekno.liputan6.com pada tanggal 25/3/2017 menjelaskan pesan tersebut menyatakan “Selamat kepada Anda Pemilik aplikasi pesan instan Android. Anda telah beruntung memenangkan Hadiah 1 unit mobil Honda Jazz Rs dari PT Android CEO Indonesia dengan Code ID. RKP Pemenang Anda (RIM447D). Untuk info hadiah klik atau kunjungi situ resmi kami, www.hadiah-android88.blogspot.com,”

Hal tersebut memang cukup menggiurkan untuk mereka yang tidak mengetahui. Namun, sebenarnya modus ini merupakan modus lama yang dikemas dengan platform baru. Jika pada sekitar 2013 lalu platform yang digunakan adalah melalui SMS, kini para pelakunya mulai merambah ke aplikasi messenger di Android. Begitu pula dengan informasi kontak yang disediakan, jika dulu kontak yang disediakan adalah langsung nomor telepon kini berubah menjadi laman blog.

Untuk itu, para pengguna aplikasi messenger yang menerima pesan ini diharapkan untuk mengabaikannya. Namun, untuk sobat yang sudah terlanjur membuka laman web yang tertera pada pesan tersebut, sebaiknya tidak langsung menghubungi nomor telepon yang tertera di laman web. Pasalnya, dari situ biasanya awal mula para penerima pesan mengelami kerugian.

Namun, jika pada tahun 2013 lalu modus yang digunakan menggunakan platform SMS, sehingga lebih sulit untuk melakukan tindakan kepada para pelaku. Namun kini karena modus yang digunakan menggunakan menggunakan aplikasi messenger yang memiliki fitur report dan blokir maka sobat pun dapat melaporkannya dan memblokir ketika menerima pesan spam tersebut.

Selain itu, jika sobat memang merasa tertarik dengan hadiah yang ditawarkan, selalu pastikan mengenai perusahaan yang diklaim sebagai pemberi hadiah. Buka website resmi dari perusahaan yang diklaim sebagai pemberi hadiah tersebut, dan kalau bisa hubungi nomor telepon resminya dan tanyakan kebenaran mengenai hal tersebut. karena, biasanya jika suatu perusahaan apalagi yang sudah ternama mengadakan bagi-bagi hadiah, tentu banyak media yang meliput. Namun, alangkah baiknya jika sobat mengabaikan pesan tersebut.

Top