Feature Phone Dapat Terhubung ke 4G dengan Qualcomm 205?

Dukungan Jaringan 4G untuk Feature Phone – Kebutuhan akan akses jaringan yang cepat memang sudah menjadi kebutuhan yang sangat kompleks bagi banyak manusia modern masa kini. Apalagi di era yang serba digital ini yang segala sesuatunya sangat tergantung pada koneksi internet. Hal ini nampaknya dibaca oleh salah satu pabrikan chipset ternama Qualcomm yang baru saja merilis chipset baru yang bernama Qualcomm 205 Mobile Platform. Chipset ini didesain khusus untuk feature phone agar bisa terhubung dengan jaringan 4G LTE.

Dukungan Jaringan 4G Untuk Feature Phone

Perlu diketahui feature phone sendiri merupakan jenis ponsel yang merupakan transisi dari ponsel model lama ke smartphone. Beberapa ponsel yang masuk pada kategori feature phone ini contohnya adalah LG GW305 dan Samsung Star. Meskipun kepopulerannya di banyak negara kini sudah terkikis oleh kehadiran smartphone, namun rupanya featur phone ini masih menjadi pilihan dibeberapa negara didunia.

Dilansir dari Cnet, berdasarkan laporan perusahaan riset International Data Corporation (IDC) pada tahun 2016, di beberapa negara berkembang seperti India, Vietnam dan Afrika Selatan, hampir setengah ponsel yang digunakan adalah feature phone. Pada saat yang sama, kebutuhan konektivitas 4G kian meningkat, dan beberapa negara berkembang tersebut pun giat untuk membangun infrastruktur untuk dapat memenuhinya. Disisi lain, IDC juga mengungkapkan bahwa 80 persen dari total ponsel pada tahun 2020 akan kompatibel dengan jaringan 4G.

separator

Maka dari itu, dengan kehadiran Qualcomm 205 ini pun diharapkan membuat layanan jaringan 4G tersebut semakin berkembang. Dalam sebuah rilisan Qualcomm juga menuliskan “4G mulai berkembang, tapi ada banyak tempat di dunia masih menggunakan 3G, bahkan 2G. Karena itu, Qualcomm Technologies memperkenalkan Qualcomm 205 Mobile Platform, yang didesain khusus untuk feature phone agar bisa terhubung dengan 4G LTE.”

Feature phone yang menggunakan chipset Qualcomm 205 akan dibekali dengan CPU dual-core dengan kecepatan 1.1 GHz, GPU Adreno, serta dapat mendukung ponsel dengan kamera belakang 3 MP dan kamera depan 0,3 MP. Ponsel dengan chipset Qualcomm 205 ini diprediksi akan meluncur beberapa bulan lagi. hingga kini beberapa pabrikan ponsel dikabarkan akan bekerja sama dengan Qualcomm untuk membuat feature phone 4G.

Top