Emoji 2017 Hadirkan Perempuan Berhijab dan Ibu Menyusui?

Perempuan Berhijab dan Ibu Menyusui Bakal Muncul di Paket Emoji 2017 – Emojipedia telah membeberkan desain awal paket emoji yang sepertinya bakal hadir di tahun ini. Desain itu diketahui memang sudah diajukan ke konsorsium Unicode di penghujung tahun 2016 lalu.

Perempuan Berhijab Dan Ibu Menyusui Bakal Muncul Di Paket Emoji 2017

Dari 51 emoji yang ada pada satu paket tersebut, terdapat beberapa emoji baru yang cukup menarik perhatian. Sebagai contohnya perempuan mengenakan hijab dan ibu yang sedang menyusui. Desain emoji baru ini semakin menegaskan fungsi emoji sebagai salah satu media untuk berekspresi bagi siapa saja, bukan hanya untuk kelompok mayoritas saja.

Emoji perempuan berhijab sendiri sebenarnya sudah sejak lama diajukan ke sejumlah pihak. Perkembangan terakhir, pada bulan September 2016 lalu, seorang remaja berusia 15 tahun asal Arab yang diketahui bernama Rayouf Alhumedhi juga meminta agar emoji perempuan mengenakan hijab dikabulkan oleh pihak Unicode.

Tak hanya perempuan berhijab dan ibu menyusui, sejumlah emoji baru juga dikabarkan bisa ditemukan pada paket emoji tahun ini seperti kepala meledak, ekspresi muntah, daging merah, ricebox, zebra, t-rex, pretzel, tangan metal, dan posisi dua tangan menengadah layaknya berdoa. Meski begitu, belum bisa dipastikan bahwa 51 paket emoji yang diusulkan Emojipedia bakal disetujui semua oleh Unicode. Emoji-emoji yang muncul nantinya bisa saja berubah dari paket awal yang diajukan.

Emojipedia sendiri adalah layanan mesin pencari khusus sekaligus pendesain emoji. Sedangkan Unicode merupakan sebuah lembaga yang membuat standar untuk hal penyandian (encoding), tak terkecuali emoji, pada industri komputer.

Sebelumnya, tepatnya pada pertengahan 2016 lalu, Unicode telah mengeluarkan paket emoji yang terdiri dari 72 emoji baru. Paket tersebut sebagian besar diisi oleh emoji profesi kerja.

Tiap pekerjaan menampilkan perwakilan emoji dalam bentuk laki-laki dan perempuan sehingga mendukung prinsip kesetaraan gender. Pekerjaan yang ada pada paket emoji tersebut antara lain insinyur, dokter, rockstar, montir, pelukis, hakim, ahli kimia, pemadam kebakaran, guru dan bahkan koki.

Paket emoji baru yang telah diajukan pada akhir 2016 itu disebut-sebut bakal dirilis secara resmi pada pertengahan 2017 mendatang.

 

Top