Eksekutif Huawei Sebut RAM 6 GB di Smartphone Mubazir

Petinggi Huawei Sebut RAM 6 GB di Smartphone Mubazir dan Bikin Lola – Perlombaan mengenai spesifikasi smartphone terus terjadi di dunia smartphone. Salah satu yang didongkark adalah kapasitas memori utama alias RAM. Beberapa model smartphone bahkan sudah memakai RAM sampai 6 GB. Namun perlukah kapasitas sebesar itu? Seorang eksekutif Huawei bernama Lao Shi berpendapat bahwa RAM 4 GB sebenarnya sudah cukup untuk membuat smartphone bisa menjalankan berbagai tugas dengan mulus.

RAM dengan kapasitas lebih dari 4 GB itu percuma saja karena perangkat tak mendapat peningkatan kinerja apapun, ujar Shi dalam sebuah posting yang diunggahnya ke Weibo. Malah Shi menyebutkan pengujian internal dengan chip Kirin 960 menunjukan bahwa smartphone RAM 4 GB malah lebih cepat dibandingkan dengan RAM 6 GB.

Shi membandingkan terus naiknya kapasitas RAM di ponsel dengan perlombaan senjata di masa perang dingin. Akhirnya mubazir karena hanya buang-buang ongkos saja. Yang diperlukan untuk memuluskan kinerja ponsel bukanlah menambah kapasitas RAM melainkan optimalisasi software. Contohnya platform iOS di iPhone yang bisa lancar tanpa RAM jumbo.

Kapasitas RAM iPhone biasanya memang lebih kecil dari ponsel Android iPhone 7 misalnya diketahui hanya memiliki RAM sebesar 2 GB. Adapun RAM sendiri bertugas sebagai tempat penyimpanan sementara untuk program dan aneka data yang diakses oleh pengguna smartphone. Perlu ditambahkan juga bahwa kebutuhan memori dari program ponsel semakin meningkat dari tahun ke tahun karena ukuran software dan data semakin besar pula sehingga butuh RAM lebih besar untuk bisa ditampung.

Hal ini tidak terjadi di dunia smartphone saja, hal yang sama juga terjadi di dunia komputer. Shi boleh jadi benar dalam artian RAM 4 GB masih memadai untuk saat ini. Dimasa depan nanti kebutuhannya mungkin bertambah, seperti RAM 1 GB yang masih memadai pada 2012 lalu, tapi sudah cekak saat ini.

Top