Apple Tinggalkan Lightning Beralih ke USB-C?

Apple Bakal Tinggalkan Lightning Pada iPhone? – Apple diprediksi bakal melakukan perombakan radikal pada iPhone generasi berikutnya, yaitu iPhone 8. Konektor Lightning yang telah menjadi ciri khas iPhone dikabarkan bakal digantikan dengan port USB-C. Disisi lain USB-C sendiri seolah sudah menjadi standar baru dalam industri gadget. Pasalnya kini semakin banyak vendor smartphone yang merilis produknya dengan menggunakan port pengisian daya dan transfer data tipe baru.

Apple akan melakukan pembaruan pada perangkat, termasuk soal memakai port USB-C untuk pengisian daya dan berbagai aksesoris lainnya. Port USB-C ini akan menggantikan port Lightning orisinil buatan Apple,” ujar seorang sumber dalam industri.

Apple sendiri memang sudah mengadopsi port USB-C di MacBook Pro keluaran 2016 lalu, namun port USB-C sendiri belum pernah diaplikasikan pada iPhone atau iPad. Kemungkinan  adopsi port USB-C pada iPhone 8 sendiri masih belum jelas dan baru sekedar prediksi semata. Terutama bila mempertimbangkan bahwa selama ini Apple telah membangun ekosistem iPhone dengan berbasis port Lightning.

separator

Namun jika prediksi itu tidak meleset pengguna bakal diuntungkan, jika pengguna smartphone termasuk Apple benar-benar memakai standar USB-C, maka konektivitas antar berbagai perangkat akan menjadi semakin mudah, pengguna akhirnya bisa merasakan fleksibelnya iPhone untuk disambung dan menyambung keperangkat lain yang lebih universal. Para pembuat aksesoris pihak ketiga pun akan senang dengan hal ini, mengingat USB-C jauh lebih fleksibel.

Selain potensi adopsi USB-C iPhone 8 juga diprediksi bakal hadir dalam tiga varian berbeda dengan bandrol harga mencapai 1.000 dollar AS, atau sekitar Rp 13 juta. Salah satunya adalah varian iPhone 8 yang memiliki layar OLED melengkung. Tampilan iPhone 8 cukup menarik desain sangat cantik dengan bodi keramik, dijalankan dengan menggunakn OS Apple iOS 11 yang bakal menawarkan banyak aplikasi menarik.

Top