Tips Mempercepat Charge Baterai Smartphone

Cara Mudah Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone – Saat ini smartphone sudah menjadi pusat banyak kegiatan, mulai dari memotret, menonton film, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh smartphone. Tapi sangat disayangkan fungsi-fungsi tersebut masih sering terkendala dengan baterai yang terlalu cepat habis. Ponsel pun harus sering bolak-balik di charge. Proses charge pun kadang tidak pada waktu yang tepat karena mengganggu kegiatan. Cara untuk mempercepat charging baterai ponsel.

Menggunakan adapter charger yang lebih kuat, misal men-charge iPhone 6 menggunakan charger tablet iPad. Kedua perangkat tersebut dibekali dengan charger yang berbeda meski sama-sama terbuat dari iPhone. Beberapa ponsel bisa mengambil daya sebanyak apapun dari charger dan bisa terisi dengan cepat. Tenang saja ponsel pintar masa kini tidak akan rusak ketika terhubung ke charger dengan keluaran arus yang lebih besar dari charger bawaan.

Gunakan kabel USB terbaik, meski terkesan sepele kualitas kabel itu berpengaruh pada kecepatan charger ponsel. Kabel USB yang murah biasanya terbuat sangat tipis dan tidak menghantarkan daya dengan baik. Logam yang dipakaipun biasanya berkualitas rendah sehingga tidak bisa menangani listrik berdaya tinggi.

Mematikan ponsel saat men-charger, meski ponsel sedang tidak dipakai sama sekali bila dalam keadaan menyala tetap ada aplikasi yang berjalan di background, meski kecil kinerja aplikasi tersebut tetap menyedot daya dan membuat proses pengisian daya melambat. Ketika ponsel dimatikan maka seluruh aplikasi ikut mati.

Jangan charge via port USB komputer, pengisian menggunakan port USB lebih rendah dibandingkan dengan charger khusus ponsel. Dengan demikian kecepatan pengisian daya juga akan jadi lebih rendah. Output daya dari port USB komputer biasanya berkisaran 0,1A sampai 0,5A. ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan output charger khusus ponsel yang mencapai 2A bahkan lebih.

Jangan sentuh ponsel saat men-charger, biasakan untuk mendiamkan ponsel saat men-charge alasan saat mengecek ponsel maka layar akan menyala padahal layar merupakan salah satu bagian yang paling menguras baterai. Selain menegcek ponsel sebaiknya tidak mengisi daya sambil menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti mengunduh aplikasi, memutar video atau bermain game.

Top