Terima Paten Khusus, iPhone Tak Lagi Punya Tombol Home?

Apple Lenyapkan Tombol Home di iPhone – Kehadiran tombol fisik home di iPhone kemungkinan tidak akan bertahan lebih lama lagi. Pasalnya, Apple selaku pembuatnya telah memperoleh paten untuk ‘panel layar interaktif dengan dioda IR’. Teknologi baru ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan smartphone tersebut hanya melalui tombol home virtual yang terintegrasi di dalam layar sentuhnya.

apple lenyapkan tombol home di iphone

Teknologi yang akan disematkan pada iPhone ini sudah dijelaskan dalam pengajuan yang dibuka untuk publik pada 14 Februari 2017 oleh Kantor Paten dan Dagang AS. Teknologi ini mampu menggantikan fungsi tombol home fisik yang secara tradisional berada di bawah layar iPhone.

Tombol fisik home memang tak pernah lepas dari iPhone sejak perangkat ini diperkenalkan oleh pendiri Apple, Steve Jobs pada tahun 2007. Sejak saat itu, tombol home berbentuk bulat telah menjelma menjadi fokus utama yang berperan sebagai navigasi dari perangkat tersebut.

separator

Akan tetapi, rumor kematian dari tombol fisik ini sudah mulai mencuat sejak tahun 2013 yang lalu ketika Apple memperkenalkan teknologi Touch ID.  Teknologi ini merupakan sensor keamanan sidik jari yang membuat pengguna iPhone 5S bisa memotong pengetikan di password. Sensor ini kemudian disematkan pada tombol home yang ada di iPhone.

Spekulasi ini bahkan muncul kembali di tahun 2015,  tepatnya saat Apple mengajukan permohonan paten untuk menghilangkan sensor sidik jari yang di bawah layar sentuhnya yang itu berarti secara otomatis juga bakal melenyapkan kebutuhan tombol fisik home.

Saat Apple merayakan ulang tahunnya ke-10, rumor itu kembali muncul ke permukaan dan kini bahkan disertai dengan berbagai laporan terkait dengan perubahan hardware secara besar-besaran yang diklaim bakal diberikan pada ponsel generasi selanjutnya yang kabarnya bakal mengusung nama iPhone 8.

Dihilangkannya tombol fisik home merupakan salah satu perubahan cukup signifikan yang selama ini dirumorkan pada iPhone 8. Selain itu, ponsel akan hadir dengan bodi kaca dan baja serta bagian tepi layar yang melengkung. Ada juga fitur wireless charging dan sensor iris yang bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk membuka smartphone.

Top