OS Android Kian Populer dan Melejit, Lalu Bagaimana dengan iOS?

OS Android Masih Ungguli iOS – Tampaknya, persaingan di dunia gadget tak hanya berkecimpung pada produk-produk hardware saja. Melainkan, program software pun juga turut andil dalam mengikuti kancah persaingan. Salah satunya yaitu pertarungan antara OS Android dnegan OS iOS.

Bahkan, belum lama ini dikabarkan bahwa sistem operasi (OS) Android milik Google rupanya masih menjadi yang terpopuler di dunia. Menariknya, OS ciptaan Andy Rubin jauh meninggalkan iOS yang dimiliki oleh Apple. Tentu, hal tersebut menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pihak Google dengan sistem operasi buatannya tersebut.

Di sisi lain, jika melihat data yang ada, menurut data yang dirilis oleh Gartner dan IDC, diketahui bahwa selama Q4 2016 menyatakan bahwa sistem operasi berbasis Android ini telah berhasil menaklukkan pangsa pasar dengan angka yang cukup tinggi hingga 81,7% atau naik 1% dibanding pada 2015 dalam periode yang sama. Sementara itu, untuk sistem operasi OS besutan Apple, tampaknya memang harus puas dengan hanya bertengger di posisi kedua. Pasalnya, menurut data yang beredar, sistem operasi iOS menguasai pangsa pasar 17,9%, naik 0,2% dibanding pada 2015 dengan periode yang sama.

Selain itu, dengan keunggulan sistem operasi Android tersebut di atas iOS tentu ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Pasalnya, iOS yang merupakan sistem operasi milik Apple mayoritas hanya disematkan pada perangkat kelas atas sehingga hanya kalangan tertentu saja yang menggunakannya. Berbeda dengan Android yang memang ditujukan untuk semua kalangan, baik entry level, mid-range maupun kelas atas. Sehingga, cakupan pasar dan konsumennya lebih luas. Maka, tak heran jika Android pun berhasil jauh mengungguli iOS.

Terlepas dari itu, Android memang menjadi salah satu sistem operasi yang lebih banyak digunakan pada beberapa perangkat. Bahkan, dengan dihadirkannya generasi terbaru, seperti Android Nougat, tentu akan semakin memperkokoh OS milik Google ini dalam merajai pasar gadget.

Top