Korea Perketat Keamanan Baterai Pasca Insiden Ledakan Note 7

Korea Selatan Akan┬áLakukan Inspeksi ke Produsen Baterai – Setelah banyaknya kasus meledaknya Galaxy Note yang cukup menyita perhatian publik pada beberapa waktu yang lalu, kini Korea Selatan semakin memperketat aturan terkait dengan penggunaan baterai Lithium Ion. Inspeksi secara berkala juga telah direncanakan untuk menghindari terulangnya kejadian yang pada akhirnya membuat Samsung Electronics Co Ltd harus menarik produk andalannya dari pasaran tersebut.

korea selatan akan lakukan inspeksi ke produsen baterai

Kementerian Industri dan Perdagangan Korea Selatan dilaporkan bakal melakukan inspeksi berkala yang sifatnya wajib bagi para produsen baterai Lithium Ion. Semua perangkat yang dibekali dengan jenis baterai ini pun juga harus mengikuti uji keamanan secara berkala yang nampaknya semakin ketat.

Wakil Menteri Industri dan Perdagangan, Jeong Marn-ki mengatakan bahwa produsen wajib menunjukkan seberapa besar kesungguhan usaha mereka untuk menjamin keamanan dari produk yang dibuatnya.

separator

Hal dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan menyusul berbagai kasus ledakan Galaxy Note 7 yang disebabkan oleh cacat pada baterai sehingga harus membuat Samsung menarik produknya itu dari pasaran.

Penarikan smartphone yang dijual dengan harga hampir mencapai US$ 900 atau setara dengan nominal harga Rp 12 juta untuk setiap unitnya tersebut mengakibatkan vendor smartphone asal Korea Selatan itu harus menelan kerugian sebesar US $ 5.4 miliar atau setara dengan Rp 71,95 triliun.

Samsung dan para penyelidik insiden ledakan Galaxy Note 7 telah mengungkapkan penyebab utama dari kejadian tersebut. Pihak Samsung telah menjelaskan dua baterai dari pemasok berbeda, Samsung SDI Co Ltd dan Amperex Technology Ltd, yang dilaporkan menjadi faktor penyebab ledakan pada smartphone flagship Samsung, Galaxy Note 7. Penjelasan terkait dengan hal tersebut pun telah didukung oleh hasil uji laboratorium sehingga hasilnya kuat.

Pengujian Korea sendiri mengungkapkan bahwa penyebab ledakan merupakan akibat kegagalan dari perpaduan antara kedua baterai tersebut. Jeong Marn-ki juga mengatakan bahwa pihak kementerian akan terus melakukan pemantauan serta memperketat uji keamanan Samsung, yang meliputi uji X-Ray serta standar-standar lain sehingga insiden ledakan akibat cacat baterai yang menimbulkan kerugian besar tidak terulang lagi.

Top