Kode Ini Dapat Mengecek Penyadapan Di Smartphone?

Kode Ini Dapat Mengecek Penyadapan Di Smartphone? – Beberapa waktu lalu beredar kabar yang cukup menggemparkan, kabar tersebut datang dari mantan presiden 2 periode Indonesia yakni SBY. Beliau menceritakan bahwa dirinya merasa tidak nyaman karena diduga ada yang menyadap percakapan beliau melalui ponsel. Kabar penyadapan ini juga sempat muncul beberapa tahun lalu kektika Jokowi yang saat ini menjadi presiden masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

Kode Ini Dapat Mengecek Penyadapan Di Smartphone

Isu penyadapan ini sebenarnya bukanlah hal baru dalam dunia teknologi komunikasi. Penyadapan sebenarnya bermanfaat, pasalnya cara yang satu ini banyak digunakan untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus-kasus besar seperti korupsi dan lain-lain. Namun demikian, hingga saat ini isu ini masing menjadi pro kontra dari berbagai pihak.

Terlepas dari hal tersebut, beredar sebuah informasi yang menginformasikan bahwa para pengguna smartphone dapat mengetahui apakah dirinya sedang di sadap atau tidak dengan mengetik kode +#62# pada smartphone miliknya. Namun apakah benar kode tersebut dapat mengecek status penyadapan di smartphone? Mari kita simak penjelasannya.

separator

Secara sederhana penjelasan yang dapat di katakan mengenai kode *#62# ini bukanlah kode yang digunakan untuk mengecek apakah smartphone disadap atau tidak. Namun, kode tersebut merupakan kode yang merujuk pada informasi nomor telepon kotak suara yang dituju, ketika smartphone Anda sedang tidak bisa dihubungi atau Call Forwarding.Jika Anda praktekkan dengan mengetikan kode tersebut, informasi yang muncul akan berbeda-beda tergantung operator seluler yang digunakan.

Namun, jika Anda masih merasa khawatir, Anda dapat menonaktifkan fitur Call Forwarding pada smartpone yang sobat gunakan. Untuk sobat yang menggunakan Android, sobat dapat mematikan fitur Call Forwarding ini dengan cara masuk ke Settings > Call Settings > Call Forwarding. Sementara untuk sobat pengguna iPhone, sobat bisa melakukannya dengan cara masuk ke menu Settings > Phone > Call Forwarding.

Terlepas dari hal diatas, sadap-menyadap sebenarnya dilarang oleh undang-undang jika dilakukan tidak dengan perintah pengadilan atau pun untuk kepentingan pribadi. Untuk itu, hingga saat ini di Indonesia, pihak yang mempunyai hak untuk menyadap seseorang hanyalah para penegak hukum dengan perintah pengadilan.

Top