Kenali Teknologi Fast Charge dan Sensor Kamera Pintar Oppo

Teknologi Fast Charge dan Sensor Kamera Oppo – Teknologi pengisian baterai cepat alias fast charging adalah salah satu fitur yang banyak dimiliki oleh smartphone bikinan berbagai pabrikan termasuk Oppo. Perusahaan asal China ini memiliki teknologi fast charging bernama Voltage Open Loop Multi step Constant Current Charging (VOOC). Dibandingkan teknologi VOOC terdahulu yang mampu mengisi 75 persen kapasitas baterai perangkat dalam waktu 30 menit, kerja Super  VOOC lebih cepat dalam hal charging.

Super VOOC sanggup mengisi baterai berkapasitas 2.500 mAh dari keadaan kosong sampai 100 persen penuh hanya membutuhkan waktu 15 menit sehingga diklaim sebagai teknologi fast charging tercepat didunia. Berbeda dengan fast charging besutan pihak lain yang umumnya menerapkan pengisian baterai dengan voltase tinggi, Super VOOC justru mengandalkan voltase rendah berkisar 5V yang aman dan sesuai dengan standar untuk charging smartphone.

Keuntungan dari Super VOOC ponsel bisa tetap nyaman dipakai selagi mengisi baterai, baik untuk menonton video, browsing, ataupun main game. Teknologi Super VOOC diwujudkan melalui tiga komponen yaitu baterai jenis baru dengan kompesisi kimia rahasia, charger dengan hardware kelas militer yang didesain tangguh dan kabel khusus USB Type-C atau micro-USB.

separator

SmartSensor stabil gambar untuk kamera ponsel menganut mekanisme berbeda dibandingkan dengan teknologi lain yang sejenis. OIS di dunia kamera biasanya terdiri dari dua tipe yang diterapkan di lensa dan sensor. Smartphone umumnya menerapkan OIS dibagian lensa karena keterbatasan tempat dan modul kamera yang kecil.

Dengan SmartSensor dari Oppo yang menggunakan teknologi micro elektro mechanical system (MEMS) tugas menstabilkan gambar dari goyangan ini dipindahkan dari lensa ke sensor kamera. Alih-alih menggerakan kompenen lensa, sensor yang melakukan hal tersebut untuk meredam goyangan. Prinsip serupa yang dipakai dibeberapa kamera digital DSLR dan mirrorless yang menggunakan penstabil gambar berbasis sensor In-Body Image Stabilizer/IBIS.

SmartSensor memiliki konsumsi daya lebih rendah dibandingkan OIS pada lensa yang menggunakan motor coil. Penggunaan listrik SmartSensor hanya berkisar diangka 10 miliwatt atau 50 kali lebih rendah dari IOS berbasis lensa. Dengan berbagai kelebihan di atas SmartSensor diklaim mampu menghasilkan tangkapan gambar yang tajam.

 

Top