Jangan Isi Daya Smartphone Anda di Tempat Umum, Bahaya!!

Bahaya Isi Daya Ditempat Umum  – Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh, tentu pernah melakukan sharging smartphone di tempat umum khususnya tempat jasa isi daya yang tersedia di rest area. Memang hal tersebut sering kali tidak bisa dihindari oleh banyak pengguna smartphone ketika melakukan perjalanan panjang. Mengingat seperti yang sering kita rasakan, di jaman teknologi ini kebutuhan akan pasokan daya untuk smartphone memang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Bahkan ada sebuah kata-kata lucu yang menyatakan “kebutuhan pokok manusia modern adalah sandang, pangan, papan, casan”. Nah dari hal tersebut dapat kita ketahui bersama betapa urgent nya kebutuhan akan suplai daya.

Bahaya Isi Daya Di Tempat Umum

Nah, seperti halnya saat melakukan perjalanan jauh ketika baterai smartphone mulai lemah tentu Anda akan segera mencari tempat untuk mengisi daya dimanapun berada. Namun, tahukah Anda jika mengisi daya di tempat umum seperti di rest area dan lain-lain rupanya dapat menimbulkan bahya tanpa disadari.

Dilansir dari CNN Money, seorang peretas dapat meretas sebuah smartphone dengan memanfaatkan media pengisian daya yang ada ditempat umum. Nah, cukup mengagetkan juga ya. Dikatakan oleh seorang ahli keamanan daro Authentic8 “Hanya dengan mencolokkan ponsel ke stasiun pengisian yang telah ‘dikerjai’, perangkat kamu jadi terinfeksi dan semua data di dalamnya bisa diretas,”. Authentic8 merupakan perusahaan pembuat peramban keamanan Silo yang merupakan peramban keamanan yang dapat merahasiakan seluruh aktivitas penggunanya selama berselancar di internet.

separator

Stasiun pengisian daya dan akses Wi-Fi yang biasanya tersedia di tempat umum seperti bandara, pesawat, rest area, taman dan lain-lain memang beresiko dan tak terjamin keamanannya. Bahkan beberapa pihak tak bertanggung jawab dapat mendapatkan seluruh data smartphone yang menggunakan akses tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan melalui kabel data yang biasa di gunakan untuk mengisi daya smartphone, yang juga bisa digunakan untuk mengirimkan data ke smartphone atau gadget lain.

Menurut Paik, jika sebuah port telah diretas jumlah informasi yang didapatkan oleh peretas tidak terbatas mulai dari email, SMS, foto hingga kontak. Hal tersebut tentu sangat berbahaya untuk privasi pengguna.

Teknik peretasan tersebut dinamakan juice jacking. Sebiah istilah yang diciptakan para peneliti pada tahun 2011 yang lalu. Tahun lalu para peneliti dari Authentic8 menu7njukan sebuah proses video jacking menggunakan port yang telah diretas dan video capture untuk merekam semua yang dilihat dan diketik oleh sebuah ponsel.

Nah, dengan informasi ini, semoga dapat memberikan Anda pelajaran untuk dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan daya di tempat umum untuk menghindari segala resiko yang dapat terjadi.

Top