HTC Pensiun Produksi Ponsel Murah

Sengitnya Persaingan Segmen Low-End Paksa HTC Berhenti Buat Ponsel Murah – Persaingan produk ponsel di segmen low-end kian hari makin bertambah sengit saja. Inilah alasan utama yang kabarnya membuat HTC keluar dari persaingan di segmen tersebut. Kabar tentang HTC yang menghentikan langkahnya di segmen ini sesuai dengan apa yang dinyatakan oleh President Global Sales dan CFO HTC, Chia-Lin Chang pada sebuah konferensi setelah pengumuman laporan keuangan perusahaan pada minggu lalu.

sengitnya persaingan segmen low-end paksa htc berhenti buat ponsel murah

Chang juga menyampaikan jika pasar smartphone low-end  untuk “ultra kompetitif” merupakan penyebab utama dari gagalnya HTC dalam meraih keuntungan yang besar di kuartal terakhir pada tahun lalu. Ini tentu menjadi pencapaian yang cukup mengecewakan untuk vendor asal Taiwan tersebut.

Sepanjang periode tersebut HTC diketahui hanya mampu memperoleh pendapatan sebesar 722 juta dollar AS dan harus menelan kerugian operasi sebesar 117 juta dollar. Kegagalan HTC ini diduga karena vendor tersebut kesulitan bersaing dengan merek-merek asal Tiongkok yang hadir dengan produk kompetitif dan harga yang lebih terjangkau, misalnya saja produk-produk milik OnePlus dan Huawei.

Berkaca dari hal  tersebut, vendor smartphone asal Taiwan ini kemudian mengambil keputusan untuk beralih fokus dari produk-produk low-end ke model smartphone di kelas atas yang dipercaya lebih mampu menghasilkan keuntungan seperti ponsel flagship U Ultra dan U Play.

HTC tidak akan merilis ponsel murah pada tahun 2017. Namun sebaliknya, HTC justru akan menghadirkan enam hingga tujuh model smartphone baru untuk kelas premium. Hal menarik yang perlu diketahui adalah bahwa ini bukan pertama kalinya HTC membuat keputusan untuk keluar dari segmen pasar ponsel murah.

Pengumuman yang senada juga pernah digaungkan vendor smartphone Taiwan itu pada tahun 2012 yang lalu. Namun, keputusan  yang telah diambil tersebut tak jadi dijalankan.

Tak hanya lewat smartphone, HTC juga kabarnya akan mencoba peruntungan baru dengan terjun di segmen seperti virtual reality yang memang saat ini sedang naik daun. Untuk membuka jalan di segmen tersebut, HTC kabarnya akan merilis headset VR  untuk smartphone di penghujung 2o17.

Top