Hindari Ledakan, Galaxy S8 Gunakan Baterai Buatan Sony?

Baterai Bikinan Sony Bakal Lengkapi Spesifikasi Galaxy S8 – Faktor utama penyebab masalah yang menimpa Galaxy Note 7 beberapa waktu yang lalu dengan ditemukannya cukup banyak kasus ledakan ternyata diakibatkan oleh cacat produk pada komponen baterai. Piranti yang menjadi pemasok daya untuk smartphone tersebut selama ini merupakan hasil racikan dari anak usaha Samsung sendiri, SDI serta pihak ketiga ATL.

 baterai bikinan sony bakal lengkapi spesifikasi galaxy s8

Untuk menghindari kasus serupa terjadi lagi pada ponsel flagship terbaru Samsung, Galaxy S8, vendor asal Korea Selatan itu kabarnya mendiversifikasi rantai penyuplai baterai yang akan disematkan pada Galaxy S8 ke sejumlah pabrikan lain.

Salah satu pabrikan yang disebut-sebut turut ambil bagian dalam pembuatan baterai untuk perangkat Samsung ini tak lain adalah Sony Corp, perusahaan elektronik terkemuka asal Jepang. Itu berarti jika, sebagian baterai yang akan melengkapi spesifikasi Galaxy S8 akan dibuat oleh Sony. Tak hanya Sony, Samsung juga dikabarkan telah mengontrak dua pabrikan lain untuk menyuplai baterai Galaxy S8, yaitu Amperex dan Samsung SDI.

Jumlah pasokan baterai yang dipesan dari Sony disinyalir lebih sedikit dibandingkan dengan pesanan baterai untuk dua pabrikan lainnya. Meski Sony sebenarnya merupakan rival Samsung dalam produksi smartphone, namun perusahaan asal Jepang itu juga menawarkan jasa manufaktur komponen untuk vendor-vendor smartphone lain.

Salah satu komponen smartphone yang canggih bikinan Sony adalah sensor untuk kamera ponsel. Berbagai seri iPhone milik Apple misalnya, diketahui sebagai perangkat yang dibekali dengan teknologi sensor kamera racikan Sony.

Meski begitu, kedua pihak tersebut belum memberikan konfirmasi terkait dengan kabar ini. Pasalnya, baik Samsung maupun Sony menolak berbagi komentar tentang kabar kerja sama yang dijalin oleh keduanya.

Selain mendiversifikasi penyuplai baterai, Samsung juga disinyalir ikut menerapkan langkah-langkah tambahan yang berguna untuk meningkatkan keamanan pada baterai yang akan digunakan pada ponsel flagship berikutnya, Galaxy S8. Sebagai contohnya dengan melakukan pemindaian X-ray untuk setiap unit baterai yang akan dipakai. Diversifikasi penyuplai baterai dan proses peningkatan keamanan ini dilakukan tentu agar baterai yang bakal disematkan pada perangkatnya jauh lebih aman.

Top