Fitur Baru Instagram Bikin Snapchat Was-was

Snapchat Terancam Oleh Instagram – Persaingan di dunia digital nampaknya kini sudah sangat ketat, tak terkecuali pada bisnis sosial media. Baru-baru ini Instagram yang merupakan anak dari perusahaan Facebook meluncurkan fitur terbarunya yakni Instagram Live. Hal tersebut pun nampaknya cukup membuat was-was sosial media lain seperti snapchat.

Snapchat Terancam Oleh Instagram

Sebelumnya seperti diketahui fitur-fitur terbaru Instagram memang dapat dikatakan menjiplak fitur-fitur andalan Snapchat, seperti Stories yang tahun lalu mulai melengkapi fitur Instagram. Pihak Snap Inc selaku pemilik Snapchat pun ternyata merasa terancam dengan Instagram yang kian hari kian populer.

Hal tersebut di ketahui dari sebuah dokumen pelepasan saham perdana (IPO) yang minggu lalu diajukan ke Securities and Exchange Commission, sebagai pemberitahuan bagi calon investor.

separator

“Kami menghadapi persaingan signifikan yang diantisipasi bakal makin sengit. Kalau kami tidak bisa menjaga atau meningkatkan pangsa pasar, bisnis kami bisa terdampak negatif,” tulis Snap pada bagian segmen “Faktor Resiko” yang ada pada dokumen tersebut.

Di tambahkan pula sebuah kalimat “Contohnya, Instagram, anak usaha Facebook, baru-baru ini mengenalkan fitur ‘stories’ yang meniru fitur Stories kami dan bisa berkompetisi secara langsung,” lanjut Snap dalam dokumen tersebut.

Kekhawatiran pihak Snap Inc atas persaingannya dengan Instagram memang cukup beralasan, pasalnya Instagram yang merupakan anak perusahaan sosial media terbesar saat ini tentu memiliki nilai lebih. Apalagi, beberapa waktu yang lalu muncul sebuah kabar yang menyatakan bahwa Stories di Instagram sudah mulai berhasil mencuri audiens Snapchat Stories. Dalam laporan tersebut dinyatakan masing-masing unggahan di Snapchar Stories mengalami penurunan jumlah view antara 15 persen hingga 40 persen. Ditambah lagi, Snap Inc mengungkapkan perusahaan tersebut masih merudi dalam jumlah yang cukup besar. Seperti pada tahun 2016 Snap Inc mencatat rugi bersih sebesar 514,6 juta dollar AS atau lebih dari Rp 6,8 triliun.

Meskipun demikian, Snap Inc tetap diprediksi bakal mendapat dana segar dari pelepasan saham perdananya. Valuasi Snap Inc. dalam IPO yang kabarnya bakal dilakukan pada Maret mendatang itu ditaksir bisa mencapai 25 miliar AS.

Top