Chipset “Pinecone” Racikan Xiaomi Hadir dalam 2 Varian?

Xiaomi Buat Chipset Pinecone dalam Dua Model – Kabar yang menyebutkan bahwa Xiaomi akan meluncurkan perangkat baru bertajuk Mi 5C yang akan dipersenjatai dengan chipset racikannya sendiri memang tengah hangat diperbincangkan. Yang membuat publik penasaran adalah seperti apa spesifikasi dari chipset bernama Pinecone tersebut.

xiaomi buat chipset pinecone dalam dua model

Chipset Pinecone yang secara perdana akan dipakai pada smartphone Mi 5C itu kabarnya bakal membawa prosesor Cortex-A-53 dalam arsitektur delapan inti atau octa-core. Chipset Pinecone buatan Xiaomi yang memiliki delapan inti ini disebut-sebut akan jadi rival tangguh dari chipset kelas menengah besutan Qualcoom, Snapdragon 808.

Bocoran yang sudah beredar menunjukkan bahwa chipset Pinecone bakal tersedia dalam dua model. Hal ini tentu membuat vendor Tiongkok itu lebih fleksibel dalam pemilihan otak pemrosesan bagi produk-produk ponselnya. Kedua chipset itu hadir dengan nomor model V670 dan V970. Xiaomi Mi 5C sediri kabarnya bakal menggunakan versi yang lebih rendah, yaitu V670.

Varian V670 akan hadir dengan prosesor Cortex-A53 dengan empat inti besar dan prosesor Cortex-A53 dengan empat inti kecil. Untuk pengolahan grafisnya digunakanlah GPU Mali-T860 MP4 berkecepatan 800 MHz. Varian ini juga dikabarkan bakal proses manufaktur 28 nm.

Sementara varian V970 yang masuk kategori high-end baru akan meluncur pada kuartal keempat tahun ini. Chipset ini mampu menghasilkan prosesor Octa-core yang merupakan hasil konfigurasi dari Quad-core Cortex-A73 dan Quad-core Cortex-A53.

Prosesor untuk varian V970 mampu menghasilkan kecepatan hingga 2.0 GHz dan kecepatan maksimumnya mencapai 2.7 GHz. Model V970 juga dibekali dengan kartu grafis lebih premium, yaitu Mali G71 MP12 dengan kecepatan 900 MHz.

Chipset Pinecone dengan versi V970 akan dibuat proses 10 nm. Jika benar, maka proses manufaktur chipset Pinecone ini akan sama dengan chipset terbaru buatan Qualcomm, yaitu Snapdragon 835.

Prosesor high-end racikan Xiaomi ini juga kabarnya akan disematkan pada model-model ponsel kelas premium Xiaomi yang akan diluncurkan di  waktu yang akan datang, misalnya saja pada perangkat Mi 6s dan Mi Note 3. Kita tunggu saja ketangguhan dari chipset ini.

Top