Cara Menyelamatkan Smartphone yang Terendam Air

Langkah Menyelamatkan Smartphone Yang Terendam Air – Belakangan ini, vendor-vendor smartphone memang sudah mulai banyak merilis produk yang bisa tahan meski terendam air. Meski begitu mayoritas perangkat yang ada masih belum tahan air. Apa yang harus Anda lakukan untuk menyelematkan smartphone yang terendam air? Langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan perangkat.

Segera ambil smartphone dari dalam air, meski kelihatan tertutup rapat air dapat mudah merembes ke dalam Smartphone dalam waktu yang sangat singkat. Perbedaan waktu beberapa detikpun dapat menentukan hidup atau mati gadget Anda. Keluarkan perangkat dari air sesegera mungkin lalu segera matikan untuk mencegah korsleting dan jangan dinyalakan dulu sebelum dikeringkan.

Segera keringkan ponsel dengan handuk atau kain kemudian lepas semua cover dan baterai. ini adalah salah satu langkah yang paling penting, namun ini hanya berlaku pada smartphone yang baterainya bisa dilepas. Jika perangkat Anda memiliki desain unibody silahkan lanjut kelangkah selanjutnya. Keluarkan kartu SIM atau kartu memori kadang lebih penting dibandingkan smartphone itu sendiri. Oleh karena itu meski kedua kompenen ini relatif tahan air sebaiknya segera keluarkan untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan. seperti korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal.

separator

Lepaskan semua aksesori seperti headphone dan casing, aksesori bisa memerangkap air sehingga mempersulit proses pengeringan. Segera lepas semua setelah ponsel dikeluarkan dari dalam air. Lakukan pengeringan usahakan agar lebih menyeluruh dibandingkan upaya pertama keringkan sebanyak mungkin air dari bagian luar dan dalam ponsel. dengan cara mengelap perlahan memakai handuk. Jangan gerak-gerakan ponsel agar air yang berada di dalam tidak bergerak kesana-kemari.

Untuk mengeringkan air bisa menggunakan vacuum cleaner jika ada. Nyalakan dan arahkan ke setiap bagian yang basah selama 20 menit. Metode ini bisa mengeringkan ponsel dengan cepat. Jangan menggunakan pengering rambut atau hair dryer atau benda apapun yang sifatnya meniupkan angin untuk mengeringkan ponsel, meski disetel keposisi dingin alat-alat tersebut bisa mendorong air dan kelembaban lebih jauh kedalam ponsel sehingga berpotensi memperparah kerusakan.

Pengeringan smartphone tidak menjamin smartphone Anda bebas dari kerusakan, proses pengeringan tersebut hanyalah pertolongan pertama pada smartphone. Jika smartphone masih tidak menyala meski sudah yakin kering, satu-satunya solusi adalah membawanya ke service center terdekat.

 

Top