BlackBerry KeyOne, Android Baru BlackBerry dengan Keyboard Fisik

BlackBerry Luncurkan Lagi Smartphone Android dengan Keyboard Fisik – Kolaborasi TCL dan BlackBerry tampaknya berhasil lagi menarik perhatian para pecinta gadget dengan meluncurkan ponsel Android terbaru pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2017. Smartphone anyar tersebut memiliki nama KeyOne dengan keyboard fisik yang memiliki kemampuan menarik serta sejumlah spesifikasi khas handset mid-range.

blackberry luncurkan lagi smartphone android dengan keyboard fisik

KeyOne sendiri merupakan versi yang lebih sempurna dari ponsel BlackBerry dengan nama sandi Mercury. Ponsel tersebut memang sudah lebih dahulu menyapa publik pada pameran Consumer Electronic Show pada bulan Januari lalu.

Daya tarik dari KeyOne ini di antaranya adalah keyboard yang didesain sensitif terhadap sentuhan sehingga serupa milik Priv. Pengguna bisa memanfaatkan keyboard ini scrolling halaman di layar ponsel tanpa harus menyentuh layarnya.

separator

Masing-masing tombol keyboard yang ada pada BlackBerry KeyOne memiliki fungsi sebagai tombol pemintas atau shortcut. Sebagai contohnya tombol huruf “I” dapat difungsikan sebagai shortcut untuk membuka aplikasi Instagram.

Kemampuan lain yang dimilikinya adalah keyboard bisa digunakan untuk langsung mengakses Google. Lewat fungsi ini tidak usah membuka aplikasi Chrome atau Google terlebih dahulu namun cukup mengetikkan pada keyboard dan pencarian akan langsung dijalankan. Tak hanya itu, tombol spasi pada keyboard juga berfungsi sebagai sensor sidik jari.

BlackBerry KeyOne sendiri akan mengusung spesifikasi kelas menengah. Smartphone ini mengusung layar LCD seluas 4,5 inci dengan perbandingan 3:2 dengan resolusi 1080 x 1620 piksel.

TCL sebagai pemegang merek BlackBerry saat ini menghadirkan kamera utama beresolusi 12 megapiksel yang didukung dengan sensor racikan Sony yang mempunyai kerapatan 1,55 mikron-piksel.

BlackBerry KeyOne juga mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 625. Meski bukan chip terkencang  namun kinerjanya lumayan bagus serta efisien dalam konsumsi energi. Chip ini paling tidak mampu membuat baterai 3.505 mAH mampu menunjang operasional perangkat selama seharian.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 7.1 Nougat. TCL sendiri memiliki komitmen untuk terus melakukan upgrade berdasarkan pada keamanan yang telah dirilis Google.

Berkaitan dengan harga, smartphone ini terbilang lebih terjangkau ketimbang Priv. BlackBerry KeyOne kabarnya akan dibanderol dengan harga 549 dollar AS atau sekitar Rp 7,3 juta ketika dijual pada April nanti.

Top