Apple Secepatnya Produksi iPhone di India

Apple Produksi iPhone di India Tahun Ini – Apple dikabarkan akan memproduksi iPhone di India dalam tiga hingga empat bulan ke depan. Kabar ini pun sepertinya semakin terbukti kebenarannya setelah proposal Apple diterima pemerintah negara bagian India, Karnataka. Proposal itu berisi permohonan waktu untuk memulai manufaktur awal yang berlokasi di negara bagian tersebut.

apple produksi iphone di india tahun ini

Pemerintah Karnataka sendiri menjelaskan jika keinginan Apple untuk berproduksi di Bengaluru akan meningkatkan ekosistem teknologi maju dan mengembangkan jaringan pasokan di negara tersebut yang juga berperan penting bagi India agar bisa berkompetisi secara global.

Apple sebenarnya telah menyatakan ketertarikannya untuk memproduksi iPhone di India sejak setahun yang lalu, namun perusahaan asal Cupertino itu masih berharap menerima konsensi pajak khusus. Pejabat dari kedua belah pihak pun telah melakukan pertemuan pada 25 Januari untuk membahas tentang hal tersebut.

separator

Pada Desember yang lalu, Apple telah bekerja sama dengan perusahaan manufaktur dari Taiwan, Wistron untuk mengawali perakitan iPhone dan produk lain Apple di daerah Bangalore, Karnataka.

Menteri IT Karnataka, Priyank Kharge yang diwawancarai dalam sebuah acara televisi CNBC-TV 18 mengungkapkan bahwa Apple akan memulai produksi iPhone di negara bagian itu dalam kurun waktu tiga hingga empat bulan ke depan.

Sebagai timbal baliknya, pemerintah India sendiri menawarkan berbagai keuntungan untuk perusahaan dari luar negeri yang yang ingin membangun pabrik di negaranya itu guna memberi bantuan dalam menyediakan lapangan kerja baru dan peningkatan perkembangan kota serta negara.

Manufaktur lokal akan memberikan sokongan untuk bisnis Apple di India, yang berhasil mencapai kinerja terbaik pada beberapa bulan terakhir ini. CEO Apple, Cook menambahkan jika India merupakan tempat yang prospektif karena Apple berhasil mencatat rekor pendapatan sepanjang masa di negara tersebut.

Apple rupanya mampu mengendus peluang menjanjikan di India. Dengan penjualan iPhone secara global yang cenderung menurun, India justru menjadi salah satu tempat yang menunjukkan peningkatan permintaan iPhone. Meski berpenduduk satu miliar, namun pengguna smartphone di negara ini hanya sekitar 300 juta saja.

Top