Unik, Headphone Tanpa DAC Dijual Rp 8,5 Juta

Headphone beresolusi tinggi tanpa DAC – Dua seri Headphone terbaru Audio-Technica, DSR9BT dan DSR7BT dibekali dengan kemampuan unik. Headphone tersebut memiliki kemampuan teknologi Pure Digital Drive yang bisa langsung memproses sinyal digital dan mengubahnya menjadi suara. Untuk menghasilkan suara, sebuah headphone biasanya mesti dipasangkan dengan perangkat digital audio converter (DAC) yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital sebuah rekaman musik menjadi sinyal analog yang kemudian diperkuat dan disajikan melalui headphone.

Teknologi Pure Digital Drive didalam keduanya bisa secara langsung merespons sinyal digital tanpa konversi apapun. Hasilnya headphone bisa dirancang lebih ramping dan menyajikan musik dengan resolusi tinggi melalui koneksi nirkabel. Semua terangkat audio seperti ponsel ataupun headphone biasanya menyediakan DAC, tetapi tidak dengan headphone Audio-Technica DSR7BT dan DSR9BT. Keduanya sama-sama mendukung codec aptX HD, AAC dan SBC untuk menangani file musik dengan resolusi 24-bit/ 48 kHz. Bila menggunakan kabel USB kedua headphone tersebut bahkan bisa menangani file musik beresolusi 24-bit/96 kHz.

Uniknya kedua headphone ini meiliki diafragma berlapis karbon yang sifatnya mirip dengan permata. Bahan keras seperti itu dinilai sebagai salah satu bahan terbaik untuk membuat speaker yang tidak menghasilkan distorsi. Kedua headphone tersebut memiliki spesifikasi berbeda yang turut menentukan harga jual. Bersamaan dengan headphone DSR9BT dan DSR7BT Audio-Technica juga merilis satu headphone portabel tipe closed back, yaitu SR9 yang merupakan sodara dekat headphone MSR7 namun dengan spesifikasi yang lebih baik. SR9 dibekali dengan diafragma berlapis karbon yang menyerupai permata dan sanggup merespons frekuensi 5 Hz sampai 45 kHz.

DSR9BT memiliki kumparan suara dengan empat inti dan ditawarkan dengan harga 599 euro atau setatra Rp 8,5 juta. Sedangkan DSR7BT dibekali dengan kumparan suara tunggal dan ditawarkan dengan harga 349 euro atau setara Rp 4,9 juta. Sedangkan Audio-Tachnica membendrol SR9 dengan harga 549 euro atau sekitar 7,8 juta.

Ketiga headphone tersebut telah dipamerkan diajang Consumer Electronics Show (CES) 2017 beberapa waktu lalu. Rencananya perusahaan ini akan mulai menjualnya pada Februari mendatang.

 

Top