Saingi LG, Samsung Siapkan Ponsel Layar Lipat

Samsung Keluarkan Ponsel Layar Lipat Tahun Ini – Samsung Electronics disebut-sebut akan memperkenalkan smartphone yang bisa dilipat (foldable) pada kuartal ketiga di tahun ini menurut salah satu sumber terpercaya.

samsung keluarkan ponsel layar lipat tahun ini

Samsung setidaknya akan memasarkan sekitar 10.000 unit ponsel yang bisa dilipat keluar (fold-out) di kuartal ketiga pada tahun 2017. Vendor asal Korea Selatan itu tengah membuat ponsel dengan tampilan lentur yang ketika bagian lipatannya dibuka akan berubah menjadi tablet berukuran 7 inci. Ketika ditutup kembali layar tersebut akan muncul di bagian mukanya.

Sebelumnya, Samsung diketahui telah mendapatkan paten teknologi untuk ponsel lipatan ke dalam (fold-in) seperti yang telah diaplikasikan pada model lama dimana salah satu bagiannya berperan sebagai keypad fisik. Sekarang, mereka beralih ke teknologi fold-out yang memungkinkan layar terbuka seluruhnya menjadi layar sentuh.

Teknologi fold-out ini kabarnya telah dikembangkan sejak Agustus yang lalu dan karena Samsung telah terbiasa memakai fold-in, maka mudah saja untuk berpindah ke teknologi fold-out. Teknologi yang baru ini mengklaim bisa membuat pengguna merasa nyaman ketika membentangkan layar saat ponsel tersebut digunakan.

Walaupun secara teknis sudah siap, namun Samsung Electronics belum memutuskan waktu yang pasti untuk memperkenalkannya di tahun ini terkait dengan marketability dan profitability.

Sementara rivalnya, LG Electronics juga dikabarkan akan memproduksi 10.000 perangkat foldable di kuartal keempat. LG sendiri diketahui telah mengembangkan teknologi fold-out dari tiga tahun yang lalu. Bahkan, teknologi milik LG itu kabarnya lebih canggih daari Samsung.

Berbeda dengan Samsung yang akan mengaplikasikan teknologi itu ke dalam produk-produknya sendiri seperti pada keluarga Galaxy, LG justru kemungkinan akan menawarkan teknologi itu bagi para klien secara global, tak terkecuali untuk Apple dan Huawei.

Lembaga riset pasar Startegy dan Analytics membuat prediksi bahwa ponsel foldable perdana akan diperkenalkan oleh Samsung Electronics tahun ini. Lembaga tersebut juga menaksir jika pasar dari piranti foldable Samsung ini akan mencapai sekitar 163 unit pada tahun 2022 nanti. Sementara, untuk tahun ini pasarnya akan berkisar di angka 2,7 juta unit.

Top