Irit Kuota Saat Nonton Video, Ini Caranya

Hemat kuota data saat nonton video – Video menjadi salah satu elemen penting pada layanan media sosial akhir-akhir ini. namun pemutaran video banyak sekai mengkonsumsi data internet dibandingkan dengan konten lainnya seperti teks dan foto. Apalagi layanan media sosial semacam Facebook, Instagram dan Twitter yang memutar video secara otomatis atau autoplay ketika pengguna membuka aplikasi.

Bagaimana menyetel pengaturan pada aplikasi Fecebook, Twitter, dan Instagram agar menyetop mekanisme autoplay. Penyetelan tersebut akan membuat pengguna mengkonsumsi data lebih cerdas dan bijak. Masing-masing aplikasi memiliki pengaturan yang berbeda-beda untuk meyetop autoplay.

Menyetop autoplay pada Facebook, untuk pengguna iPhone cukup menekan ikon menu burger atau tiga garis menumpuk pada sisi kanan bawah antarmuka aplikasi Facebook, Selanjutnya pilih Setting lalu Account Setting. gulir layar kebawah sampai menemukan pilihan Videos and Photos, temukan opsi autoplay lalu klik Never Autoplay Videos. Sementara untuk pengguna Android pengguna cukup menekan ikon burger disisi kanan atas lalu gulir kebawah untuk menemukan opsi Autoplay dan pilih Never Autoplay Videos.

separator

Sementara Instagram belum menyediakan opsi penyetopan autoplay secara keseluruhan, tapi ada cara yang bisa dilakukan untuk menghemat data yaitu opsi Use Less Data. Opsi tersebut akan menghentikan mekanisme pre-loading video ketika pengguna membuka aplikasi. Jadi hanya akan terputar otomatis ketika pengguna menggulir layar sampai pada konten tertentu. Cara mengaktifkan Use Less Data berbeda di iOS dan Android. Untuk Instagram di iOS tekan ikon gear pada sisi kanan atas antarmuka aplikasi. Selanjutnya pilih Celluler Data Use dan aktifkan Use Less Data. Sedangkan mekanisme di Android pengguna harus menekan ikon tiga titik, lalu tekan Cellular Data Use dan aktifkan Use Less Data.

Twitter yang merupakan layanan mikroblog berbasis teks juga gencar mengembangkan konten video untuk menyetopnya untuk pengguna iPhone langkah awal menekan ikon gear dan pilih Setting pilih Data cari video autoplay lalu aktifkan Never Play Videos Automatically. Sementara untuk Android tekan foto profil untuk masuk ke Navigasi Setting lalu pilih data dan tekan Video Autoplay lalu aktifkan Never Play Videos Automatically.

Top