iPhone Kehilangan Gelar Terfavorit di Tiongkok

iPhone Tak Lagi Peroleh Penjualan Tertinggi di Tiongkok – Kini Apple tengah mengubah prioritas utamanya dengan memperluas penjualan iPhone untuk pasar India. Langkah ini diambil bukannya tanpa sebab mengingat bahwa smartphone flagship itu tengah mengalami penurunan penjualan di salah satu pasar terbesar Apple, yaitu Tiongkok.

iphone tak lagi peroleh penjualan tertinggi di tiongkok

Laporan terkini yang didapatkan dari sebuah sumber bernama Counterpoint Research menyebutkan jika perangkat milik Apple tak lagi menjadi smartphone terlaris di Tiongkok pada 2016 yang lalu. Penurunan penjualan ini merupakan yang pertama kalinya terjadi dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

iPhone 6s yang merupakan salah satu perangkat andalan Apple, tak lagi menjadi ponsel dengan penjualan tertinggi di Tiongkok pada tahun lalu. Gelar yang sudah disandang oleh iPhone selama beberapa tahun terakhir ini direbut oleh Oppo R9 yang memperoleh hasil penjualan 17 juta unit di negara tersebut pada tahun 2016. Dengan pencapaian itu, Oppo berhasil menguasai 4 persen dari pasar. Di sisi lain, iPhone 6s hanya terjual sebanyak 12 juta unit.

separator

Hal lain yang semakin mempersulit kiprah perusahaan asal Cupertino itu di pasar Tiongkok adalah Apple tidak ikut berpartisipasi dalam pertumbuhan pengiriman smartphone di negara itu secara keseluruhan.

Pengiriman ponsel meningkat sebesar 6 persen di Tiongkok pada tahun lalu dengan hasil 465 juta unit. Sementara itu Oppo mengalami kenaikan hasil pengiriman 109 persen mengungguli Vivo dengan 78 persen dan Huawei dengan 21 persen.

Untuk diketahui bahwa pengiriman Apple di Tiongkok mengalami penurunan 21 persen tahun 2016 dan unggul sedikit di atas Xiaomi. Sedangkan Xiaomi sendiri mengalami penurunan sebesar 22 persen pada tahun tersebut.

Faktor utama yang membuat pasar smartphone berubah cukup drastis tak lain adalah layar OLED, baterai berkapasitas jumbo, serta fitur kamera ganda. Namun, fitur-fitur itu tidak bisa dijumpai pada iPhone 6s.

Apple iPhone 6s Diprediksi Akan Laku Keras di Tiongkok

Spesifikasi dan Harga iPhone 6S

iPhone 7 Plus hadir dengan baterai besar dan dual kamera tetapi tak bisa dijangkau oleh sebagian besar konsumen Tiongkok.

Kegagalan Apple untuk bersaing di pasar Tiongkok disinyalir karena tingginya permintaan untuk ponsel kelas menengah sehingga penggunaan layar OLED pada iPhone 8 disebut-sebut bakal menjadi kabar positif.

Top