Hadir di Galaxy S8, Bixby Siap Lawan Siri

Asisten Digital Bixby Lengkapi Spesifikasi Galaxy S8 – Asisten Digital milik Samsung yang mendapat dukungan Al (kecerdasan buatan) disebut-sebut bakal menjadi rival tangguh dari asisten Apple, Siri. Asisten Samsung yang memiliki nama Bixby itu bakal melakukan debut perdananya di smartphone baru Samsung, Galaxy S8.

asisten digital bixby lengkapi spesifikasi galaxy s8

Bixby sendiri diklaim memiliki kemampuan yang cukup menakjubkan. Asisten Samsung ini kabarnya bisa melakukan pencarian pada item-item yang nantinya akan disorot melalui kamera smartphone. Fitur ini bisa diakses oleh pengguna perangkat melalui tombol “Bixby” yang ada di dalamnya.

Fitur ini tentu memiliki kelebihan yang membuatnya berbeda dengan asisten digital lainnya. Bixby dikabarkan mempunyai kemampuan pengenalan citra dengan aplikasi yang berbeda. Dengan mengarahkan kamera itu ke suatu item, maka Bixby akan memberitahu pengguna dimana bisa membeli item tersebut secara online. Kabar lain juga menyebutkan jika Bixby bekerja sama dengan Samsung Pay agar bisa memberikan fasilitas pembayaran mobile.

separator

Bixby pun didukung dengan pengenalan karakter optik (OCR) yang memungkinkannya untuk berperan sebagai pemindai digital. Yang perlu dilakukan adalah mengarahkan kamera ke sejumlah teks dan Bixby akan memindainya ke bentuk digital. Meski sudah ada berbagai aplikasi mandiri yang menyajikan fitur yang  sama, namun kehadiran Bixby dengan kemampuan tersebut tentu akan membuat pemilik perangkat semakin merasa nyaman.

Bixby sebenarnya merupakan racikan dari Viv, startup Al yang didirikan oleh pembuat Siri dan saat ini telah diambil alih oleh Samsung. Viv sempat memberikan sejumlah rincian tentang teknologinya sebelum jatuh ke tangan Samsung dan yang cukup menarik adalah pada demo di Tech Crunch Disrupt.

Samsung sendiri saat ini masih mengembangkan software untuk asistennya itu sehingga kemungkinan fitur yang berubah pun masih mungkin terjadi di sekitar waktu perilisan Galaxy S8 yang kabarnya akan dilakukan pada semester ini.

Namun, laporan terkini serta dokumen Viv menyebutkan jika asisten Samsung ini memiliki kemampuan untuk  mengendalikan seluruh aplikasi asli milik S8. Jika hal ini memang benar adanya maka Bixby akan menjadi salah satu asisten yang paling kuat.

Top