Fix! Baterai Biang Keladi Ledakan Galaxy Note 7

Baterai Bermasalah Penyebab Ledakan Galaxy Note 7 – Samsung akhirnya benar-benar mengungkapkan faktor utama yang menjadi penyebab meledaknya ponsel Galaxy Note 7. Sebuah bocoran informasi terkait dengan masalah ini menyebutkan jika baterai smartphone-lah yang menyebabkan terjadinya insiden tersebut. Seperti diketahui, sebelumnya vendor asal Korea Selatan itu┬ámemang belum mau buka suara terkait dengan insiden yang menimpa salah satu produknya itu.

baterai bermasalah penyebab ledakan galaxy note 7

Dalam konferensi pers yang diadakan oleh pihak Samsung belum lama ini, perusahaan tersebut juga mengkonfirmasi terkait dengan adanya masalah baterai yang disematkan pada ponsel premiumnya itu. Melihat kondisi ini banyak orang yang beropini jika Samsung memang sedang mengalami nasib sial. Pasalnya, baterai yang dipakai oleh Galaxy Note ini sebelumnya pernah dikabarkan sebagai pemicu utama terjadinya ledakan.

Walaupun baterai sudah diketahui sebagai sumber utama dari ponsel tersebut, namun Samsung sepertinya masih belum mau berbagi informasi tentang perusahaan pemasok baterai setelah recall yang pertama. Samsung juga hanya memberikan informasi jika baterai A dari recall pertama sedangkan baterai B dari recall kedua.

separator

Hasil penyelidikan yang telah dilakukan oleh Samsung menunjukkan bahwa elektroda negatif yang terletak di sudut kanan baterai A telah bocor. Selain itu, perusahaan tersebut juga menyebutkan jika ujung elektroda yang ada di baterai berada di kurva yang kurang tepat. Kondisi inilah yang akhirnya memicu terjadinya korsleting di baterai.

Kemudian, untuk mengatasi masalah ini, Samung mencoba mengganti baterai Galaxy Note 7 dengan baterai B yang dibuat oleh perusahaan lain. Akan tetapi, pergantian baterai ini pada kenyataannya juga tidak membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini karena masih saja ditemukan kasus ledakan di sejumlah negara.

Informasi lain juga menyebutkan Samsung masih belum mau memberikan konfirmasinya apakah baterai B ini juga bermasalah akibat dari penggantian yang dilakukan secara terburu-buru. Untuk mencegah agar insiden ledakan tak terjadi lagi pada ponsel-ponselnya, pihak Samsung dikabarkan akan memperkenalkan proses keselamatan pemeriksaan baru. Proses pemeriksaan ini diberi nama dengan “8 Point Battery Safety Check”.

Top