Synaptics Siapkan Sensor Sidik Jari Terbaru pada Layar Ponsel

Sensor Sidik Jari Masa Depan Tersematkan pada Layar Ponsel – Beberapa ponsel premium yang diluncurkan pada masa modern saat ini sudah banyak yang disematkan dengan sebuah sensor sidik jari yang mana hadir bersama dengan sebuah tombol fisik. Seperti pada iPhone, sensor ini terletak di tombol Home pada bagian bawah layar. Sementara beberapa ponsel lain, seperti Xiaomi dan Hauwei menyematkan sensor sidik jari ini pada sebuah slot kecil yang terletak di belakang ponsel.

Namun, adanya sensor sidik jari pada beberapa ponsel ini pun diketahui masih kurang efisien mengingat fitur sidik jari ini cukup banyak memakan tempat. Oleh sebab itu, Synaptics selaku perusahaan pencetus sensor sidik jari ini pun berencana untuk mempersiapkan dengan mengembangkan sensor terbaru yang nantinya bisa disematkan pada layar ponsel. Artinya, ponsel terbaru nantinya tak kan lagi menggunakan tombol atau slot khusus untuk memindai sidik jari dari penggunanya.

Di sisi lain, berdasarkan laporan yang dikutip dari Ubergizmo pada Kmais (15/12/2016), disebutkan bahwa sensor sidik jari ini nantinya juga akan didesain dan dikembangkan dengn kemampuan anti air dan bisa digunakan untuk men-scan atau memindai jari yang basah maupun berminyak. Memang, kemampuan ini diketahui masih belum bisa diterapkan oleh sensor sidik jari kebanyakan yang hadir di ponsel sekarang.

Sampai saat ini pun, perusahaan yang terletak di San Jose, California tersebut memang belum memberikan keterangan vendor mana yang akan menerapkan teknologi sidik jari ini. Akan tetapi, banyak yang memprediksi dan meyakini bahwa Apple merupakan salah satu perusahaan yang bakal menggunakan komponen Synaptics ini, jadi tak hanya sensor sidik jari Synaptics saja. Sehingga, bisa jadi iPhone yang bakal menyematkan teknologi ini. Namun, Apple sendiri justru menggunakan driver layar LCD dari Synaptics. Jadi, belum bisa dipastikan apakah sensor sidik jari terbaru mereka berasal dari Synaptics.

Synaptics sendiri sebenarnya bukan lah yang pertama hadir dengan pengembangan tersebut. Melainkan, sebelumnya Qualcomm pun juga diketahui telah merancang teknologi yang sama bernama Sense ID yang telah diperkenalkan dan dirilis pada tahun 2015 lalu. Teknologi ini diyakini mampu memindai sidik jari dari layar ponsel. Pada kenyataannya, masih belum banyak perangkat yang menggunakan teknologi tersebut sampai saat ini.

Top