Samsung Tinggalkan TouchWiz UI?

Samsung Tak Akan Gunakan Lagi Sistem Antarmuka TouchWiz UI – Pengguna produk-produk smartphone Samsung tentu sudah familier dengan tampilan antar mukanya, yaitu TouchWiz UI. Tampilan antarmuka tersebut memang telah menjadi ciri khas Samsung selama ini. Tampilan ini sama halnya dengan MIUI pada perangkat Xiaomi atau ColorOS yang diapakai oleh vendor smartphone OPPO pada ponsel-ponselnya.

Meski begitu, kiprah dari TouchWiz UI dengan Samsung sepertinya tak akan lama lagi. Hal ini memang cukup mengejutkan sebab vendor asal Korea Selatan itu selama ini memang selalu mengandalkan sistem antarmuka yang dimaksud. Baru-baru ini tersiar kabar bahwa Samsung akan meninggalkan ketergantungannya pada interface TouchWiz UI.

Kabar ini mencuat bukannya tanpa sebab. Pasalnya, muncul sebuah postingan terbaru tentang pembaruan dari sistem operasi Android Nougat 7.0 pada perangkat Galaxy S7 dan S7 Edge. Dari update tersebut diketahui bahwa Samsung sepertinya tidak akan lagi memakai tampilan antarmuka TouchWiz UI yang selama ini selalu digunakan pada perangkat-perangkatnya itu.

Pada update yang masih hadir dalam versi beta, terlihat bahwa pada kolom bagian antarmuka tercantum nama Samsung Experience. Padahal biasanya kolom itu memperlihatkan nama TouchWiz UI. Hal ini tentu cukup mengejutkan siapa saja yang melihatnya. Pasalnya, ini baru pertama kalinya terjadi bahwa ada bocoran yang menyatakan jika smartphone Samsung mengalami pergantian sistem antarmuka.

Dengan adanya bocoran tersebut, kemungkinan besar vendor smartphone Korea Selatan itu memiliki rencana untuk untuk memberi perubahan pada desain antarmukanya atau lebih jauh lagi justru menggantinya dengan tampilan antarmuka varian baru. Kira-kira apakah tampilan TouchWiz UI bakal benar-benar berganti seluruhnya? Bakal seperti apa ya tampilan sistem antarmuka baru yang nanti bakal dibawa oleh perangkat Samsung?

Kebenaran dan rupa dari tampilan antarmuka Samsung yang baru hanya akan bisa diketahui apabila Samsung sudah secara resmi meluncurkan update dari sistem operasi Android Nougat 7.0 versi final. Kita tunggu saja apakah Samsung Experience benar-benar akan menggeser posisi TouchWiz UI pada tampilan antarmuka ponsel-ponsel milik Samsung.

Top