Nougat Ternyata Belum Mampu Tandingi Lollipop dan Marshmallow

Android 7.0 Nougat Masih Sepi Peminat – Sistem operasi terbaru Android memang telah dirilis pada bulan Agustus 2016 yang lalu. Sistem operasi (OS) yang hadir dengan nama Android 7.0 Nougat tersebut hingga kini belum memiliki peminat yang banyak padahal kinerja yang dilakukannya tentu lebih ringan. Sejumlah vendor smartphone tampaknya masih memilih bertahan dengan sistem operasi Android sebelumnya seperti Lollipop dan Marshmallow.

Untuk diketahui, Android Nougat adalah sistem operasi mobile teranyar dari Google yang dirilis pada tanggal 22 Agustus 2016. Meski diklaim menawarkan segudang fitur-fitur baru yang menarik tetapi hingga awal Desember tahun ini, baru ada sekitar 0,4 persen perangkat yang diketahui menjalankan sistem operasi terbaru Android Nougat ini.

Hingga saat ini, Nougat diketahui sebagai sistem operasi andalan yang dibekalkan pada ponsel dengan kualitas premium dan dijual dengan harga yang tinggi. Dari sejumlah perangkat yang dikabarkan telah mengadopsi Android Nougat di antaranya adalah Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy Note 7, Huawei Nexus 6P, LG Nexus 5X, HTC Nexus 6, serta Motorola Nexus 6.

Seperti layaknya sebuah update, Nougat ini dibekali dengan deretan fitur baru dan perbaikan dari seri pendahulunya yang tak lain adalah Android 6.0 Marshmallow. Salah satu kelebihan yang disebut-sebut cukup menarik adalah Android Nougat mampu menjalankan sejumlah aplikasi dalam waktu yang bersamaan dengan begitu cepat. Tak hanya itu, Nougat juga diketahui hadir dengan sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.

Sistem keamanan baru itu sengaja disematkan pada Nougat untuk menekan risiko terjadinya penyadapan yang bisa saja dilakukan oleh seorang hacker atau orang tidak bertanggung jawab. Meski telah menawarkan berbagai macam kelebihan, entah mengapa hingga saat ini sistem operasi tersebut masih sepi akan peminat.

Di sisi lain, seri sebelumnya, yaitu sistem operasi Android Lollipop masih menempati posisi tertinggi di pasar smartphone dengan perolehan sekitar 34 persen. Sementara itu, posisi kedua ternyata masih diduduki oleh OS Android 6.0 Marshmallow. Sistem operasi yang merupakan pendahulu dari Android Nougat ini mempunyai peminat sebesar 26,3 persen di pasar smartpohone.

 

Top