Kirin 970 Calon Lawan Tangguh Snapdragon 835?

Huawei Produksi Chipset Kirin 970 untuk Tantang Snapdragon 835 – Seperti yang telah diketahui, Qualcomm telah mempercayakan produksi chip beraksitektur 10 nm miliknya kepada vendor asal Korea Selatan, Samsung. Chipset baru ini menurut kabar akan hadir dengan membawa nama Snapdragon 835. Samsung sendiri disebut-sebut bakal memakai chipset anyar hasil garapannya tersebut pada perangkat terbarunya bertajuk Galaxy S8 yang akan dirilis pada tahun 2017 mendatang.

Di Tiongkok, Huawei tak mau tinggal diam dan sepertinya tengah mempersiapkan lawan yang cukup tangguh untuk chipset asal Negeri Gingseng tersebut. Dengan prosesor Kirin garapannya itu, Huawei bakal menantang Snapdragon dengan chipset teranyarnya yang diketahui bernama Kirin 970. Prosesor yang dibuat oleh Huawei itu sama-sama hadir dengan arsitektur 10 nm.

Rumor mengenai keberadaan chipset baru bertajuk Kirin 970 itu mulai merebak ke pubik setelah informasi terkait dengan chip ini mulai diunggah di halaman media sosial Tiongkok, Weibo. Huawei sendiri ternyata mempercayakan pembuatan chipsetnya itu pada TSMC yang diketahui merupakan partner dari pesaingnya, Qualcomm sebelum berkerjasama dengan Samsung.

separator

Informasi yang diungkap menyebutkan detail spesifikasi dari chipset Huawei itu. Kirin 970 bakal mempunyai inti octa-core yang tersusun dari empat ARM Cortex-A&3 dan empat ARM Cortex-A53. Sementara itu, kecepatan komputasi dari chipset Kirin 970 itu sendiri bisa mencapai 2,8 hingga 3,0 GHz.

Di sisi konektivitas, chipset milik Huawei ini akan menawarkan dukungan jaringan yang berjalan dengan teknologi 4G LTE  Cat 12. Meski chipset yang dibangun di atas arsitektur 10 nm bukan hanya Kirin 970 saja, akan tetapi chip ini akan menjadi chip perdana milik Huawei yang mengaplikasikan arsitektur 10 nm. Langkah Huawei untuk memproduksi chipset 10 nm ini tentu tak bisa dipandang sebelah mata terutama oleh pesaingnya, Qualcomm.

Meski chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan Kirin 970 sama-sama akan dirilis pada kuartal pertama di tahun 2017 mendatang, namun chipset generasi terbaru Kirin itu belum akan disematkan pada perangkat milik Huawei. Lain halnya dengan Samsung yang kemungkinan besar langsung akan menyematkannya pada Galaxy S8. Hal ini karena smartphone terbaru, Huawei P10 masih akan mengandalkan chipset Kirin 960 seperti yang dipakai oleh Huawei Mate 9.

Top