Kekurangan Chipset, Peluncuran Galaxy S8 & Mi 6 Mundur?

Ketersediaan Snapdragon 835 Pengaruhi Perilisan Galaxy S8 dan Mi 6 – Beberapa waktu yang lalu tersiar rumor bahwa Galaxy S8 dan Mi 6 bakal segera meluncur pada bulan Februari mendatang. Meski demikian, laporan terbaru menyebutkan tentang ketersediaan chipset yang akan dibekalkan pada kedua perangkat tersebut. Chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang disebut-sebut bakal menjadi otak dari Galaxy S8 dan Mi 6 belum terpenuhi dan kemungkinan akan berdampak pada mundurnya jadwal peluncuran dari keduanya.

Namun kabar lain juga menyebutkan jika penundaan jadwal rilis dari Galaxy S8 dan Mi 6 bisa jadi tidak ada kaitannya sama sekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang akan disematkan pada produk terbaru milik Samsung dan Xiaomi itu.

Sementara itu, laporan yang berasal dari Taiwan menyatakan jika kapasitas produksi Samsung untuk sekarang ini tidak dapat memenuhi jumlah prosesor yang diperlukan. Seperti diketahui, chipset Snapdragon dibuat pada proses simpul 10 nm Samsung. Jadi, Samsung Foundry merupakan penyuplai chipset.

separator

Karena handset Samsung sendiri disebut-sebut bakal memakai chipset Snapdragon 835, maka jumlah hasil produksi dari chip tersebut menjadi menurun. Sebagai akibatnya, perilisan dari Galaxy S8 mungkin akan mundur dari waktu yang sudah dijawalkan sebelumnya. Jika Galaxy S8 dijawalkan akan dirilis pada bulan Ferbuari tahun 2017 mendatang, maka kemungkinan waktu perilisannya bisa mundur bahkan hingga ke bulan April.

Tanggal rilis dari Galaxy S8 itu pun sebelumnya pernah dikhawatirkan oleh Analis Keving Wang. Serupa dengan Galaxy S8, perangkat baru Xiaomi, Mi 6  yang akan menjadi pesaing beratnya itu juga sepertinya akan mengalami penundaan peluncuran dari kuartal pertama ke kuartal kedua di tahun 2017.

Mundurnya jadwal perilisan ponsel ini sepertinya tak hanya terjadi untuk smartphone yang dibekali dengan chipset Snapdragon 835 saja. Pasalnya, handset Meizu MX7 yang dikabarkan akan memakai Mediatek Helio X30 juga akan mengalami penundaan selama beberapa bulan.

Untuk diketahui, chipset Helio X30 yang diumumkan pada bulan September itu merupakan chipset Mediatek perdana yang dibangun dengan proses TSMC 10 nm dan manufaktur 10 nm. Mundurnya perilisan Meizu MX7 selama empat hingga lima bulan ini kabarnya karena TSMC juga tengah menggarap chipset Apple 11 yang juga memakai manufaktur 10 nm yang sama.

Top