Google Minta Samsung Tak Gunakan Viv

Samsung Gagal Sematkan Viv di Perangkatnya – Seperti telah diketahui bahwa vendor asal Korea Selatan, Samsung memang telah sukses membeli asisten virtual bernama Viv tepatnya pada bulan Oktober yang lalu. Meski begitu, sepertinya Samsung harus gigit jari. Pasalnya, vendor smartphone yang kini tengah merajai pasaran tersebut tak bisa membekalkan Viv pada line-up smartphone Android besutannya.

Langkah Samsung untuk membeli Viv ini tampaknya bukan sesuatu yang mengherankan. Hal ini karena sebagian besar pembuat Viv merupakan tangan-tangan kreatif dibalik lahirnya asisten virtual Apple, Siri. Dengan terbelinya Viv ini tentu Samsung memang berharap untuk dapat menciptakan asisten virtual baru yang nantinya bisa lebih hebat dari pintar dibandingkan dengan Siri.

Di sisi lai, Google juga ternyata memiliki asisten virtual yang diketahui memiliki nama Google Assistant. Asisten vitual miliki Google ini bahkan telah banyak mendapatkan pujian karena diklaim sangat pintar dan mirip dengan manusia. Hal inilah sepertinya yang menjadi salah satu faktor utama mengapa Samsung tidak diijinkan untuk memakai Viv pada jajaran perangkatnya.

Kabar terakhir menyebutkan bahwa untuk mengantisipasi hal itu, Google telah mengajukan permintaan pada Samsung agar tidak memakai asisten virtual bernama Viv itu. Fakta ini rupanya membuat vendor smartphone asal Negeri Gingseng tersebut terpaksa hanya menyematkan asisten virtual Viv di produk smartphonenya yang memakai basis Tizen.

Rumor tentang asisten virtual Samsung ini bukan yang pertama kalinya berkembang. Sebelumnya juga pernah tersiar rumor bahwa Samsung kemungkinan akan menggunakan Viv pada perangkat baru yang kini tengah dikembangkannya, yaitu Galaxy S8. Samsung sendiri kabarnya telah menyiapkan dua varian Viv bernama Bixby untuk yang diisi dengan suara laki-laki dan Kestra untuk asisten virtual dengan suara perempuan. Keduanya dikabarkan akan digunakan dalam pembayaran mobile.

Untuk diketahui, Samsung telah membeli Viv ini pada beberapa bulan yang lalu. Namun, hingga saat ini tidak diketahui berapa detail harga yang harus dibayarkan oleh Samsung untuk untuk mengambil alih Viv Labs yang selama ini dikenal sebagai pencipta Siri itu.

 

Top