Android Bakal Sematkan Fitur 3D Touch, Benarkah?

Jiplak Apple iOS, Android Sematkan Fitur 3D Touch – Ada hal menarik pada pembaruan sistem operasi OS Adnroid Nougat 7.1.1. Pasalnya, Google telah memperbarui sistem operasi tersebut dengan menyematkan sebuah shotcut aplikasi pada home screen yang memiliki fungsi yang sama dengan fitur Apple 3D Touch. Benarkah demikian?

Jika fitur 3D Touch di Apple bergantung pada seberapa kuat pengguna menekan icon aplikasi, tapi tidak untuk di iOS. Pasalnya, penerapan fitur 3D Touch pada iOS tersebut berbeda dengan fitur 3D Touch pada OS besutan Google di mana Android menerapkan prosesnya bergantung pada seberapa lama pengguna menekan ikon aplikasi tersebut.

Dilansir dari Neowin, disebutkan jika 3D Touch yang nantinya akan digunakan pengguna pada OS Android 7.1.1 ini akan memberikan gambaran atau tampilan pop up menu yang akan menggiring user atau si pemakai ke aplikasi tertentu. Seperti, pencarian video di YouTube.

Terkait pembaruan 3D Touch ini, beberapa jajaran ponsel pintar garapan Google ini akan menjadi produk perdana yang akan menikamti pembaruan Android Nougat 7.1.1 yang dirilis sejak 6 Desember 2016 kemarin. Antara lain seperti pada seri Pixel, Nexus, dan Android One.

Sementara itu, beberapa vendor lain seperti seperti Samsung, Huawei, OnePlus dan OEM Android lainnya, baru-baru ini juga mulai menguji pembaruan Android 7.0 versi beta. Yang pasti bahwa pembaruan pada OS Android Nougat terbaru ini akan menampilkan tampilan antar muka yang lebih fresh dan lebih baru sehingga akan memberikan pengalaman baru bagi para pengguna Android.

Di sisi lain, jika melihat pembaruan pada OS milik Google tersebut, tampaknya penyematan fitur 3D Touch ini tak lepas dari upaya Google untuk menyaingi keperkasaaan iOS Apple yang kian bergengsi dengan teknologi sistem operasinya yang begitu memuaku. Tentu, Goolge tak ingin kalah dalam bersaing dengan selalu mengembangkan OS Android besutannya ini.

Top