Tanpa Microsoft, Nokia Jalan Sendiri

Dikabarkan Pisah, Nokia Buat Ponsel Sendiri – Siapa yang tka kenal merek legendari Nokia? Merek ini tentu pernah dan menjadi suatu hal yang besar pada generasi 90-an. Pasalnya, merek asal Finlandia ini dulu pernah sehabat Samsung atau Apple sekarang dalam menguasai pasar perangkat telekomunikasi wireless yang lebih dikenal dengan ponsel. Sayangnya entah karena malang melintang atau apa, yang jelas merek Nokia saat ini sudah tak mampu memberikan banyak pengaruh pada pasar.

Tanpa Microsoft Nokia Jalan Sendiri

Pasca kejatuhannya beberapa tahun silam, Nokia memang sempat dikabarkan diambil alih oleh Microsoft. Pengambilalihan ini nampak sebagai jalan tengah yang menenangkan. Pasalnya, dengan nama besar Microsoft di dunia teknologi, masa depan Nokia nampak sedikit lebih cerah. Sayangnya, fakta di lapangan membuktikan tak banyak yang bisa Microsoft perbuatan untuk Nokia. Bahkan terakhir, Microsoft malah memutuskan membuat perangkat mobile-nya sendiri tanpa melibatkan embel-embel Nokia di dalamnya.

Entah apa yang sebenarnya terjadi, yang jelas Nokia dikabarkan bakal lepas dari Microsoft tahun 2017 mendatang. Dilansir dari Okezone (8/11/2016), setidaknya kuartal kedua tahun 2017 bakal menjadi waktu yang tepat bagi Nokia untuk memperoleh kebebasannya. Kabarnya, setelah bebas dari cengkraman Microsoft, Nokia bakal kembali ke bisnis awalnya dalam pasar perangkat komunikasi mobile yang dalam hal ini tentu diarahkan pada perangkat pintar. Menariknya, kondisi Nokia yang tak seperti dulu memaksa dirinya untuk bekerja sama dengan perusahaan asal China untuk proses produksinya.

Masih dilansir dari sumber yang sama, produk Nokia terbaru nantinya bakal menyabet nama Nokia D1C. Menurut kabar yang beredar, Nokia D1C tersebut bakal menggendong prosesor octa-core dari chipset Qualcomm Snapdragon 430. Sedangka RAM yang dipakai akan berukuran 3 GB serta dilengkapi GPU Adreno 505. Ponsel tersebut juga dikatakan bakal memiliki penyimpanan 32 GB plus kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP serta dibekali dengan Android Nougat yang merupakan OS terbaru.

Dilihat dari spesifikasi tersebut nampaknya Nokia D1C memang menyasar kelas perangkat menengah atas yang cenderung lebih stabil. Walaupun demikian hal ini merupakan risiko besar sehubungan banyaknya pesain Nokia dari kalangan produsen baru yang malah terlihat lebih berpengalaman dalam bidang perangkat pintar.

Top