Tak Ingin Kalah dari Snapdragon 660, Mediatek Siapkan Pesaingnya

Mediatek Segera Produksi Chipset Pesaing Snapdragon 660 – Kabar berhembus dari Negeri Tirai Bambu di mana Mediatek saat ini diketahui sedang fokus untuk memproduksi prosesor tangguh kelas menengah. Bahkan, prosesor besutan Mediatek ini diklaim bakal menjadi pesaing terberat bagi Snapdragon 660. Tampaknya, tak hanya vendor smartphone saja yang bersaing ketat, namun persaingan antar pabrikan chipset pun diketahui bakal menjadi persaingan yang menarik dan ketat.

Mediatek Segera Produksi Chipset Pesaing Snapdragon 660

Berdasarkan laporan yang dilansir dari Phone Arena pada Minggu (27/11/2016), diketahui bahwa Mediatek saat ini memang tengah mempersiapkan sebuah CPU yang bertajuk Helio P35 di mana kemampuan prosesornya sudah mencapai Deca Core. Selain itu, prosesor ini disebutkan juga akan berjalan dengan menggunakan 2 inti Cortex-A73 64Bit dengan kecepatan 2,2 GHz.

Di sisi lain, pada setkro grafisnya, Mediatek akan menyematkan GPU Mali G71 yang diketahui merupakan kartu grafis dengan basis ARM. GPU atau kartu grafis itu diketahui akan mampu menghemat daya sebesar 40% dari Mali-T880. Sedangkan di sisi lain, untuk sektor pemutaran video maupun penampil visualnya, GPU Mali G71 akan mendapatkan penurunan resolusi menjadi 1080 pixels. Padahal, grafis dari GPU Mali G71 ini sendiri mampu memberikan tampilan resolusi 4K.

Nah, di samping itu, chip Mediatek Helio P35 ini juga akan mendukung penggunaan RAM hingga 10 GB. Bahkan, ketangguhan tersebut juga akan dipadukan dengan penggunaan jaringan internet 4G Cat10 LTE yang berkecepatan hingga 450 Mbps. Lalu, dari segi penyimpanan, Helio P35 mendukung jenis penampung data UFS 2.1 dan sistem pengisian daya cepat Pump Express 3.0.

Kemungkinan, MediaTek akan merilis chip ini pada kuartal ketiga 2017 sehingga akan berhadapan dengan Qualcomm Snapdragon 660 yang memiliki inti pemrosesan octa-core berkecepatan 2,2 GHz.

Top