Spesifikasi Minimal Untuk Google Daydream

Google Daydream Hanya Terima Snapdragon 821 – Teknologi amsa depan Virtual Reality nampaknya tak berhenti untuk dikembangkan. Pasalnya, secara konsep virtual reality memang memberikan hal baru yang belum pernah dirasakan oleh para penggemar teknologi. Hal baru tersebut adalah memunculkan dunia virtual yang sangat terlihat nyata kepada para penggunanya. Setelah sebelumnya manusia berkutat pada animasi 3D untuk menghadirkan dunia virtual yang tampak nyata, Virutal Reality disebut-sebut merupakan sebuah trobosan yang tak terbantahkan.

Spesifikasi Minimal Untuk Google Daydream

Melihat potensinya tersebut, Google tak bisa berdiam diri. Setelah sebelumnya eksis dengan virtual reality versi murah, Google Cardboard, nampaknya Google mulai gatal ketika para pesaingnya malah membuat perangkat Virtual Reality dengan serius. Sebut saja, HTC dengan Oculus-nya. Hal ini akhirnya membuat Google terpaksa menerbitkan Google Daydream. Sayangnya, Google banyak tutup mulut terhadap kebutuhan spesifikasi perangkat pintar yang mampu disupport oleh Google Daydream tersebut. Hanya saja, Google memberikan kode bahwa Daydream dapat digunakan pada Google Pixel dan Google Pixel XL.

Namun akhirnya, kali ini Google membocorkan kebutuhan minimum perangkat yang didukung oleh Daydream. Dilansir dari Okezone (11/11/2016), Google Daydream dikatakan akan mendukung perangkat yang setidaknya telah menggunakan chipset Snapdragon 821. Hal ini tentu cenderung mengagetkan. Pasalnya, Snapdragon 821 merupakan chipset mahal dari Qualcomm yang hanya ditanamkan pada perangkat premium. Kode Google tersebut menampakkan bahwa Daydream hnaya boleh digunakan oleh kelompok premium.

Selain itu, untuk ukuran fisik, setidaknya perangkat tersebut berukuran 4.7 inci pada layarnya. Sedangkan batas maksimalnya hanya 6 inci. Itu berarti, tak mungkin ada tablet yang boleh digunakan bersamaan dengan Google Daydream tersebut. Untuk urusan resolusi, Google menyarankan sekelas denagn kualitas Quad HD 1440 piksel. Pilihan tersebut untuk memberikan pengalaman penggunaan terbaik atas Google Daydream. Namun menurut laporan, setidaknya resolusi 1080 FHD harus dimiliki oleh perangkat pintar bersangkutan.

Sayangnya, dengan basis layar perangkat pintar sebagai jiwa Daydream, Google tak menyebutkan teknologi apa yang perlu didukung oleh layarnya. Namun nampaknya Google sedikit banyak tak mau ambil pusing tentang perbedaan teknologi tersebut hingga produknya diterima di pasaran.

Top