Samsung Masih Rajai Pasar Global Meski Penjualan Menurun

Penjualan Ponsel Samsung Tahun Ini Mengalami Penurunan – Gartner yang merupakan lembaga riset pasar menghadirkan laporan data terbaru berkenaan dengan pasar ponsel yang ada di dunia pada kuartal ketiga di tahun 2016. Data yang dipublikasikan pada pertengahan November menunjukkan bahwa Samsung masih menduduki posisi pertama di pasar ponsel global dengan nilai penjualan 71,7 ribu unit smartphone.

penjualan ponsel samsung tahun ini mengalami penurunan

Angka penjualan yang diraih oleh Samsung tersebut sama dengan kepemilikan sekitar 19,2 persen di pasar ponsel. Namun, perolehan penjualan Samsung ini terbilang menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di sisi lain, Samsung tetap merajai pasar dan bahkan mengalahkan vendor terkemuka lainnya  seperti Apple dari Amerika Serikat.

Pada kuartal ketiga tahun ini, Apple sendiri berhasil menjual produknya sebanyak 41 ribu unit. Nilai penjualan yang diperoleh Apple ini sebanding dengan 11,5 persen. Seperti Samsung, Apple juga tampaknya mengalami penurunan penjualan yang besarnya sekitar 6,6 persen. Apple yang sebelumnya berhasil menjual sebanyak 46 unit, pada waktu itu juga menduduki posisi kedua memilki pasar sekitar 13 persen.

Sementara itu, posisi ketiga pada kuartal ketiga tahun ini masih dipegang oleh vendor smartphone asal Tiongkok, Huawei. Perolehan hasil penjualan vendor tersebut adalah 32,4 ribu unit. Angka kepemilikan pasar dari Huawei ini sekitar 8,7 persen. Untuk Huawei, hasil yang diperolehnya ini justru mengalami peningkatan dibanding tahun lalu karena pada tahun tersebut kepemilkan Huawei 7,7 persen dengan hasil penjualan 27,4 unit.

Posisi keempat juga diisi oleh vendor Tiongkok lainnya yaitu Oppo. Kuartal ketiga tahun ini, Oppo mampu menjual 24,9 ribu unit dengan kepemilikan pasar sekitar 6,7 persen. Nilai penjualan Oppo ini meningkat secara signifikan karena peningkatannya mencapai 3,3 persen. Tahun lalu saja, Oppo hanya menjual 11,8 unt dengan kepemilikan sebesar 3,4 persen.

Posisi kelima ditempati BBK Communication Equipment yang merupakan perusahaan induk dari vendor Vivo. Pada kuartal ini, perusahaan tersebut tercatat menjual 19,8 ribu unit dengan jatah pasar 5,3 persen. Angka ini juga meningkat sekitar dua kali lipat daripada tahun lalu. Pasalnya, tahun lalu perusahaan Tiongkok ini hanya menjual 10,4 ribu dengan jatah pasar 2,9 persen.

Top