Inovasi Apple Gunakan Layar OLED untuk iPhone Tersendat

Apple Masih Galau Terapkan Layar OLED pada iPhone – Ambisi Apple untuk mengusung layar berteknologi OLED pada generasi terbaru iPhone tampaknya terganjal. Sebab, 4 pemasok utama komponen layar tersebut diperkirakan tidak akan mampu memenuhi pesanan produksi yang diminta Apple.

Apple Masih Galau Terapkan Layar Oled Pada Iphone

Hal tersebut juga dikabarkan juga dari Bloomberg yang mengatakan bahwa keempat pemasok utama komponen iPhone yang dimaksud tersebut yaitu Samsung Display, LG Display, Sharp, dan Japan Display. Dari keempat pemasok tersebut, Samsung diketahui bakal menjadi pemasok tunggal layar baru untuk produk iPhone di tahun 2017 mendatang. Namun, perusahaan dikabarkan tak mampu memenuhi seluruh pesanan produksi mengingat pesanan iPhone diprediksi akan terus meningkat drastis. Oleh sebab itu, kemungkinan Apple hanya akan mengusung varian 1 varian iPhone saja yang mengusung layar OLED ini di tahun 2017 mendatang.

Di sisi lain, analis rantai pasokan IHS Markit, Dan Panzica, menilai bahwa persyaratan kualitas yang ketat dan kesulitan produksi panel OLED kemungkinan akan menyebabkan pasokan produk terkendala nantinya. “Apple telah membayangkan akan ada permintaan yang tinggi untuk model OLED dan mereka juga sudah tahu akan ada kendala mengenai panel tersebut,” jelas Panzica.

Meskipun demikian, kendala tersebut tampaknya tak membuat ambisi Apple surut untuk meluncurkan varian iPhone dengan layar OLED. Bahkan, diprediksi bahwa tahun 2017 mendatang sekaligus akan menandai 10 tahun sejak debut pertamanya iPhone di pasar smartphone. Sementara itu, varian iPhone baru lain, dimungkinkan akan mengandalkan layar dengan teknologi LCD lama. “Teknologi layar masih menjadi kunci pendorong dalam pembelian,” tutur analis Creative Strategies, Ben Bajarin. Terlebih lagi, Apple selama ini menggunakan fitur layar baru sebagai nilai jual iPhone yang memiliki pengaruh cukup besar untuk mendongkrak penjualannya.

Sementara itu di sisi lain, iPhone dengan teknologi layar OLED setidaknya akan memberikan sebuah tampilan baru yang lebih fresh untuk smartphone garapan Apple tersebut. iPhone itu akan memiliki lapisan kaca mulai dari layar hingga bagian belakang dan pinggirnya. Dengan desain kaca itu, tombol Home virtual akan ada di dalam layar, bukan berbentuk tombol fisik.

Top