Google Adsense Tak Akan Muncul di Situs Berita Palsu

Google Tak Akan Munculkan Adsense di Situs Berita Palsu – Belum lama ini, induk dari perusahaan Google yang bernama Alphabet Inc., dikabarkan telah merencanakan bahwa akan melarang situs berita palsu untuk menggunakan software iklannya yang bernama Gogle Adsense. Tentunya, tindakan ini sebagai salah satu bentuk usaha dari pihak perusahaan untuk mengatasi berbagai macam kontroversi yang berkembang terkait beberapa informasi yang tidak akurat di dunia maya.

Google Tak Akan Munculkan Adsense Di Situs Berita Palsu

Selain itu, dikutip dari Okezone pada Selasa (15/1//2016), dikatakan bahwa pihak Google sendiri telah berencana untuk mencegah iklan Google yang ditempatkan pada halaman dengan konten yang menggambarkan, salah menginformasikan, atau memutarbalikkan fakta dan sebagainya. Pernyataan Google tersebut juga dipertegas oleh salah satu juru bicara Google yang mengatakan bahwa kebijakan yang telah diambil Google ini mencakup situs-situs yang menginformasikan berita palsu atau berita yang tidak tajam dan akurat serta obyektif.

Berita palsu, terutama yang menyebar luas di jaringan sosial Facebook Inc, menjadi masalah selama pemilihan presiden baru-baru ini. Google mengalami “kecelakaan” pada Minggu 13 November, ketika sebuah cerita di blog sayap kanan keliru menyatakan Donald Trump memenangkan suara populer muncul di atas beberapa hasil pencarian Google.

Di sisi lain, program periklanan dari Google Adsense sendiri yang telah membantu operator websitee menempatkan iklan di situss mereka merupakan alat yang paling populer untuk situs web guna memperoleh pendapatan atau pemasukan dan membantu dana banyak situs berita palsu. Google juga telah lama memblokir iklan yang sengaja menggambarkan apa yang mereka pasarkan secara tidak benar dan memblokir akun AdSense dari situs yang mempromosikan kebencian atau menyertakan pornografi atau konten kekerasan.

Melihat hal tersebut, tentu kebijakan yang dilakukan Google akan mengganggu pendapatan di banyak situs berita palsu, tetapi kemungkinan besar tidak akan melenyapkan industri kecil di beberapa sudut internet. Layanan iklan serupa juga tersedia, meskipun mereka mungkin tidak memberikan banyak keuntungan bagi penerbit AdSense.

Top