Snapdragon 830 Mengintip Dibalik Galaxy S8

Kelahiran Snapdragon 830 Tinggal Tunggu Tanggal – Keberadaan chipset dalam suatu perangkat pintar merupakan hal yang tak perlu ditawar lagi. Pasalnya, chipset sendiri merupakan satu kesatuan ‘otak’ suatu perangkat pintar. Otak inilah yang menentukan jalannya perangkat pintar sehingga bisa disebut sebagai perangkat pintar. Itu artinya, semakin canggih otak yang disematkan maka akan semakin pintar perangkat yang dijalankan.

Snapdragon 830 Mengintip Dibalik Galaxy S8

Salah satu produsen chipset yang sedang naik daun adalah Qualcomm. Produsen ini sejatinya memiliki hak intelektual atas chipset miliknya yang memiliki nama seri Snapdragon. Sebagai tata urutan serinya hingga saat ini, angka yang lebih besar menunjukkan kemampuan yang lebih besar pula. Itu artinya, perangkat premium bakal cenderung menggendong angka seri Snapdragon yang lebih besar ketimbang perangkat pemula.

Untuk memenuhi permintaan pasar atas otak yang lebih canggih, Qualcomm telah mengumumkan akan menghadirkan Snapdragon dengan seri 830. Kali ini, diberitakan dari Okezone (12/10/2016) Qualcomm kedapatan menguji otak terbarunya tersebut pada perangkat yang belum jelas bentuknya Galaxy S8 dari Samsung. Selain menjajal pada perangkat Samsung, Qualcomm juga dikatakan menjajal otak tersebut pada iPhone 8 serta LG G6.

separator

Kabar ini seperti mengamini kabar sebelumnya. Pasalnya, Samsung Galaxy S8 memang telah diisukan bakal menggendong Snapdragon 830 sebagai bagian dari otaknya. Snapdragon 830 sendiri dikabarkan menggunakan teknologi 10 nm Node dalam proses pembuatannya. Proses pembuatan pada sebuah chipset memang sangat berpengaruh dalam performanya saat digunakan.

Jika ditilik kembali, teknologi 10 nm Node memang lebih kecil dari generasi sebelumnya yang menggunakan teknologi 11 nm Node. Hal ini memberikan petunjuk bahwa Snapdragon 830 bakal memiliki kemampuan yang lebih hebat dibandingkan dengan generasi sebelumnya bahkan dengan ukuran yang lebih kecil pula. Selain itu, potensi efisiensi energi yang digunakan juga dipercaya bakal lebih besar ketimbang versi sebelumnya.

Pengujian pada perangkat baru yang belum dikeluarkan sejatinya dapat dilakukan dalam tahap pengembangan perangkat tersebut. Hal ini diacu pada spesifikasi yang sudah ditetapkan untuk digunakan sebagai target produk nantinya. Menariknya, Snapdragon 830 bukan menjadi satu-satunya produk yang dilahirkan. Pasalnya, Snapdragon 835 diisukan bakal muncul berbarengan dengannya.

Top