Melihat Kembali Smartphone Legendaris Motorola

Motorola banyak melahirkan ponsel ikonik – Sudah berpuluh-puluh tahun kiprahnya di industri smartphone bahkan sebelum tergabung dengan Lenovo, Motorola sudah banyak melahirkan ponsel ikonik. Perangkat yang dibikin oleh perusahaan yang didirikan di Amerika Serikatitu masih terngiang sampai sekarang meski umurnya sudah puluhan tahun. Salah satu ponsel yang masih di ingat sampai saat ini adalah Motorola DynaTAC. Ponsel pertama dunia ini bagitu legendaris sampai-sampai sempat laku sebagai replika botol minum untuk anak. Tidak hanya itu masih ada beberapa ponsel Motorola sebelum zaman Lenovo yang begitu ikonik.

motorola banyak melahirkan ponsel ikonik

Tepatnya pada 3 April 1973, sekitar 43 tahun yang lalu Motorola secara resmi menjual produk Motorola DynaTAC. Produk tersebut bisa dibilang sebagai nenek moyang ponsel pada saat itu. Pasalnya ponsel tersebut merupakan mobile phone pertama yang dijual secara komersil. DynaTAC memiliki tubuh yang bongsor dan juga cukup berat. Bobotnya saja bisa mencapai sekitar 1 killogram. Dibandingkan dengan iPhone 7 smartphone teranyar Apple yang hanya memiliki bobot 138 gram.

Sebagai ponsel pertama, jangan pula membayangkan DynaTAC memiliki fitur-fitur super canggih. Fungsi DynaTAC hanya satu, yakni untuk melakukan panggilan suara. Ia tidak bisa digunakan untuk mengirim pesan SMS, mengirim gambar, apalagi untuk berselancar di dunia maya. Harga saat pertama kali dujual DynaTAC dibandrol sekitar 4.000 dollar AS atau Rp 53 juta.

separator

Setelah DynaTAC motorola juga merilis beberapa seri TAC, tapi ponsel yang lahir pada tahun 1996, StarTAC adalah ponsel legendaris berikutnya yang dilahirkan oleh Motorola. StarTAC memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan pendahulunya, bobotnya hanya 88 gram saja. Fitur utamanya masih untuk menelepon, model yang lebih modern akhirnya Motorola menambahkan fitur SMS. Model awal dari StarTAC dijual dengan harga 1.000 dollar atau sekitar Rp 13 juta.

Motorola RAZR seri yang satu ini  hadir dalam berbagai varian, akan tetapi mdel yang paling terkenal sudah pasti adalah RAZR V3, perangkat tersebut masih menggunakan desain Clamshell, mirip seperti StarTAC, hanya saja desain lebih futuristik. Ponsel RAZR V3 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004, ponsel ini sudah lebih modern  karena dilengkapi dengan layar berwarna, kamera VGA, dan konektivitas Bluetooth. RAZR V3 ini dijual dengan harga 650 dollar AS atau ekitar Rp 8,5 juta harga yang tergolong premium kala itu.

Top