Kasus Telkom Indihome Melangkah Ke Tahap Pemeriksaan

Indihome Bakal Diperiksa Lebih Lanjut Terkait Kasus Monopoli Pasar – Terkait kasus Indihome, belum lama ini KPPU atau Komisi Pengawas Persaingan Usaha, dilaporkan secara resmi menetapkan untuk meningkatkan penanganan kasus Telkom IndiHome dari tahapan Penyelidikan ke tahapan Pemeriksaan. Tentu hal ini akan semakin menekan penjelasan pihak IndiHome dalam bersaing di dunia bisnis telekomunikasi.

Indihome Bakal Diperiksa Lebih Lanjut Terkait Kasus Monopoli Pasar

Kebijakan yang diambil KPPU ini diputuskan usai melalui beragam proses penyelidikan kasus Telkom IndiHome yang diduga mewajibkan pelanggannya menggunakan paket IndiHome Triple Play yang terdiri dari 3 produk, antara lain telepon, tv kabel, dan internet. Hal tersebut seolah memaksa pelanggan untuk menggunakan 3 layanan tersebut.

Berkaitan dengan laporan tersebut, Syarkawi Rauf selaku Ketua KPPU mengungkapkan bahwa dalam proses penyelidikan, ada 2 kemungkinan isu atau rumor yang sedang digarap oleh pihak KPPU sendiri. Rumor yang pertama menyebutkan bahwa dugaan praktek trying in yang dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, melalui program IndiHome Triple Play yang mwajibkan calon pelanggannya hrus meakai 3 layanan semuanya, antara lain tv kabel, telepon, dan internet. “Kedua, dugaan penyalahgunaan posisi dominan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. yang menguasai pasar jasa fixed line (PSTN),” ujarnya ketika pada Rabu (12/10/2016).

Selain itu, pihaknya juga mengungkapkan bahwa dalam kasus ini, setiap pelanggan yang sudah terlanjur berlangganan program IndiHome Triple Play ini tetapi ingin berhenti berlangganan dengan berbagai alasan diduga juga seperti dihambat. Hal tersebut juga mengingat adanya perjanjian yang membuat pelanggan dimaksud tak bisa memilih salah satu dari 3 layanan yang disediakan. “Sehingga ketika pelanggan memutuskan untuk berhenti menggunakan salah satu dari tiga layanan yang tersedia, maka PT Telkom diduga akan memutuskan akses berlangganan seluruh jasa layanan dimaksud,” tutur Syarkawi.

Tak hanya itu saja, hadirnya program IndiHome Triple Play ini diklaim juga dilakukan dengan cara melanggar prinsip persaingan sehat dan justru berdampak pada penurunan pangsa pasar pelaku usaha pesaing. Bahkan, selain itu Syarkawi mengatakan, pihaknya saat ini telah mendapatkan alat bukti yang cukup untuk menaikkan status kasus IndiHome menjadi perkara.

Top