Gandeng Facebook, Google Bentang Kabel Penyambung Asia-Amerika

PLCN proyek kerjasama Google dan Facebook – Untuk meningkatkan kecepatan internet diwilayah Asia dan Amerika, Google gandeng Facebook bentang kabel bawah laut, kabel tersebut nantinya akan menghubungkan koneksi internet dikedua benua. kabel tersebut berupa serat optik akan membentang disepanjang 8000 mil atau sekitar 12.874 kilometer antara lokasi kota Los Angeles di Amerika Serikat hingga Hongkong dibenua Asia.

plcn proyek kerjasama google dan facebook

Proyek kerjasama Google dan Facebook dikenal dengan sebutan Pacific Light Cable Network (PLCN). Proyek tersebut akan mampu menyediakan internet dengan kecepatan 120 terabyte per second. Kabel yang dihubungkan dibawah laut memiki peran sebagai jalur alternatif untuk koneksi internet supaya bisa terhubung ke berbagai wilayah dibenua lain.

Rencana kedua raksasa internet itu akan membangun PLCN pada tahun ini. Diperkirakan pembangunan akan selesai an mulai beroperasi sekitar dua tahun setelahnya atau pada tahun 2018 mendatang. Dengan pengerjaan proyek PLCN yang dilakukan Google dan Facebook, banyak perusahaan maupun indivisu yang bakal diuntungkan. Hal ini dikarenakan kinerja internet yang menjadi lebih cepat.

separator

Keuntungan yang akan didapat Google maupun Facebook dengan adanya proyek PLCN adalah infrastrukrur utama yang ada di dalam kendali mereka. Fungsi kabel tersebut adalah membantu kedua perusahaan mengirim data melalui jalur pribadi dan menghindari jalur umum. Belakangan ini perusahaan internet seperti memang sedang gencar membangun infrastruktur sendiri. Sebelum mengumumkan PLCN, Facebook juga sempat bekerja sama dengan Microsoft untuk membangun kabel serat optik penghubung Virginia dengan Spanyol.

Kabel yang melintasi Samudera Atlantik itu memiliki panjang lebih dari 6.590 kilometer. Kabel yang mampu menghantarkan bandwidth 160 terabyte per second itu diberinama Marea. Dalam bahasa Spanyol Marea berarti gelombang pasang. Facebook dan Microsoft menggandeng perusahaan infrastruktur dibawah naungan raksasa telekomunikasi Telefonica untuk menyelesaikan proyek Marea. Diperkirakan proyek tersebut akan selesai pada Oktober tahun depan.

Top