Benarkah, Harga Asli Pixel XL Cuma Rp 3,7 Juta?

Dijual Rp 9 juta, ternyata harga asli Pixel XL hanya Rp 3,7 juta – Google membandrol Pixel XL edisi 32 GB dengn harga 769 dollar AS atau setara dengan Rp 9,9 juta. Harga tersebut tergolong mahal, karena ternyata harga produksi Pixel XL jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang dijatuhkan oleh Goolge. Dalam kompenen harga produksi tersebut, yang paling mahal adalah panel sentuh super AMOLED 5,5 inci dengan lapisan Gorilla Glass 4. Harga panel ini mencapai 58 dollar AS atau sekitar Rp 754.000 per unit.

dijual rp 9 juta ternyata harga asli pixel xl hanya rp 3 7 juta

Firma analisis pasar IHS membongkar Google Pixel XL untuk mengetahui biaya pembuatan ponsel tersebut. Hasilnya memang sangat mencengangkan. Total harga produksi diprediksi hanya mencapai 285,75 dollar AS atau sekitar Rp 3,7 juta. Bila dibandingkan dengan bandrol ritel 769 dollar AS maka terlihat sekali bahwa Google memperlakukan margin hampir dua kali lipat.

Total margin yang diterapkan pada Pixel XL 32 GB itu adalah 483,25 dollar AS atau sekitar Rp 6,2 juta. Margin terseut hanya berdasarkan perhitungan IHS tanpa memperhitungkan biaya tambahan yang mungkin terjadi saat Google memproduksi Pixel XL.

Melihat dari margin dan harga jual Pixel XL 32 GB, bahwa Google mulai berusaha mengejar Apple, hal yang dikejar bukan hanya teknologi semata tetapi juga keuntungan yang diperoleh dalam penjualan tiap unit ponsel. Berdasarkan riset oleh IHS harga produksi iPhone 7 hanya 224,80 dollar AS atau sekitar Rp 3 juta, itupun sudah termasuk biaya manufaktur sebesar 5 dollar AS atau sekitar Rp 65.000.

Memang dalam setiap perusahaan mempunyai cara berbeda dalam hal memesan kompenen. Apple bisa saja membuat ongkos produksi iPhone 7 jadi lebih murah karena bisa memborong kompenen dalam jumlah banyak, jadi otomatis harga kompenenpun menjadi lebih murah. Sedangkan Google belum memiliki kemampuan untuk memborong bahan mentah dalam jumlah besar. Google hanya berjanji berusaha untuk meningkatkan katersediaan pasokan barang dimasa yang akan datang.

Top