Tiga Vendor Besar Cuti Bikin Smartwatch?

Cuti ketiga vendor dalam membuat smartwatch – Pada ajang IFA yang digelar September lalu, cuma Asus yang meluncurkan perangkat berbasis Android Wear bertajuk ZenWatch 3. Vendor besar yang sudah merilis jam tangan pintar, seperti LG, Huawei, dan Motorola, sama sekali tidak merilis perangkat tersebut di ajang tersebut.

cuti-ketiga-vendo-dalam-membuat-smartwatch

Apa alasannya? Tiga vendor besar itu ternyata memilih “cuti” memproduksi arloji pintar. Ketiganya telah mengonfirmasi bahwa mereka tak bakal merilis Android Wear hingga akhir tahun ini, sebagaimana dilaporkan KompasTekno dari GSMArena, Kamis (15/9/2016).

LG telah menelurkan Watch Urbane 2nd Edition LTE pada awal 2016. Sementara itu, Huawei dan Motorola terakhir kali menghadirkan smartwatch pada paruh kedua tahun lalu. Menurut analis IDC, Ramon Llamas, mundurnya tiga vendor dalam memproduksi Android Wear tahun ini tak lepas dari lesunya minat pasar terhadap produk arloji pintar. Apple yang notabene merupakan pemimpin pasar smartwatch pun harus mengalami penurunan pengapalan produk hingga 55 persen pada kuartal kedua 2016.

separator

Di tengah posisi industri smartwatch yang lemah,vendor-vendor juga sepertinya sanksi menyaingi Apple dan Samsung sebagai dua pabrikan smartwatch dengan penetrasi paling besar. Bertepatan dengan peluncuran iPhone 7 pekan lalu, Apple percaya diri meluncurkan Apple Watch generasi kedua yang lebih diproyeksikan untuk fitnes. Sementara itu, Samsung juga dijadwalkan hendak meluncurkan Gear S3 pada akhir tahun ini.

Butuh waktu untuk berinovasi, dan Motorola dikabarkan akan mundur selama-lamanya. Ketiganya menegaskan akan cuti sementara tak sama artinya dengan mundur total hanya saja cuti sementara waktu. Ketiga vendor tersebut cuma butuh waktu untuk mendirikan Android Wear yang inovatif sehingga mampu memancing daya beli masyarakat.

“Kami ingin melihat apa yang dibutuhkan, ujar juru bicara LG, Ken Hong, KompasTekno, Kamis, (15/9/2016).

Menurutnya arloji pintar bersifat seluler alias terkoneksi adalah masa depan. Maksudnya, masyarakat ingin smartwatch tak bergantung pada smartphone, melainkan menjadi perangkat telekomunikasi yang berdiri sendiri. Sementara itu menurut sumber huawei, pihaknya sedang menunggu kompenen-kompenen baru untuk menggodok Android wear berikutnya. Salah satunya adalah prosesor yang lebih efisien untuk kinerja smartwatch yang lebih mumpuni. Baca juga Arloji pintar Xiaomi tresedia dua pilihan warna dan Tak Hanya Smartphone, Xiaomi Pun Turut Produksi Smartwatch

 

Top