Setelah Indonesia, Kini Thailand Mulai Tarik Pajak ke Google Cs

Thailand Kini Mulai Pelajari Rencana Pemungutan Pajak Untuk OTT Asing – Sebelumnya ramai dibicarakan terkait pemerintah Indonesia yang mulai melakukan pemungutan pajak bagi para OTT asing seperti Google, Twitter, Facebook dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan para perusahaan berbasis internet dan teknologi tersebut mengeruk banyak keuntungan dari Tanah Air tanpa pernah memberi keuntungan apapun bagi negara ini.

thailand kini mulai pelajari rencana pemungutan pajak untuk ott asing

Nah, langkah tersebut rupanya diikuti oleh pemerintah Negeri Gajah Putih. Saat ini, dikabarkan bahwa Thailand sedang mempelajari rencana untuk menguatkan aturan pemungutan pajak untuk internet dan teknologi perusahaan seperti Alphabet Inc Google.

Seperti informasi Reuters yang dirangkum dari Okezone, Selasa (27/09/2016) dalam kesempatannya Prasong Poontaneat selaku Direktur Jenderal Departemen Pendapatan Thailand mengatakan “Rencana ini juga akan mencakup transfer mobile dan pembayaran internet sektor,” ujarnya.

separator

Dikabarkan Thailand saat ini masih memfokuskan diri untuk perubahan peraturan yang ada. Dalam hal ini, Prasong menambahkan bahwa pemerintah sudah membuat panitia kerja untuk mencari solusi atas pemungutan pajak untuk perusahaan seperti Google dan perusahaan teknologi lainnya.

“Kami sedang mempelajari masalah ini dan telah membentuk sebuah komite untuk melihat ke dalam ini selama dua bulan terakhir,” kata Prasong.

“Idenya adalah untuk mencari solusi yang tepat untuk Thailand dan bisa melibatkan perubahan dalam beberapa peraturan karena undang-undang saat ini sudah ketinggalan zaman dan telah digunakan selama lebih dari 50 tahun,” tambahnya.

Selain itu, pihak pemerintah juga mengharapkan untuk semua panitia dapat menyelesaikan peraturan ini akhir tahun. Jika diperhatikan, kemungkinan besar langkah tersebut juga akan ditiru oleh berbagai negara lainnya yang merasa tidak mendapat keuntungan apapun dari bisnis-bisnis berbasis internet yang mengeruk banyak keuntungan dari pengguna di negaranya.

Seperti diketahui, untuk Indonesia aturan yang diberlakukan untuk para OTT asing meamng belum sepenuhnya diresmikan hanya saja isi aturan tersebut sudah pernah disinggung. Kabarnya di Indonesia akan diberlakukan aturan bagi OTT asing untuk membangun sebuah unit usaha nyata.

Kembali ke Thailand, hanya saja saat dihubungi terkait hal ini Google Thailand masih belum memberi komentar apapun.

Top