Mendominasi Pasar Jepang, Apple Terancam Dituntut

Dinilai Melanggar Aturan Anti Monopoli, Apple Terancam Kena Tuntut Jepang – Seperti kasus yang sebelum-sebelumnya, Apple kembali terancam kena tuntutan akibat dinilai melanggar aturan anti monopoli. Kini, kabar terbaru hadir dari Jepang yang mana dilaporkan bahwa Regulator Jepang tengah mempertimbangkan untuk mengambil tindakan terhadap perusahaan asal Cupertino tersebut.

dinilai melanggar aturan anti monopoli apple terancam kena tuntut jepang

Seperti yang telah disinggung, bahwa Apple dinilai melanggar aturan anti monopoli di Jepang. Hal ini terkait dengan produk-produknya yang hingga saat ini seolah mendominasi pasar bahkan meskipun dijual dengan berbagai diskon nyatanaya pendapatan Apple masih paling besar dibandingkan dengan kompetitornya.

Dari informasi yang dilaporkan Japantoday seperti yang dirangkum dari Okezone, Senin (26/09/2016) tertulis bahwa langkah ini dikatakan bisa memukul margin keuntungan dari perusahaan di pasar yang paling menguntungkan. Dalam hal ini, bahkan beberapa operator telekomunikasi di Jepang menolak untuk menjual model iPhone kepada pengecer pihak ketiga. Tentu saja hal tersebut dirasa mencurigakan.

separator

Seperti infromasi yang dilaporkan bulan lalu, dari Fair Trade Commission (FTC) di Jepang mengatakan bahwa NTT Docomo, KDDI Corp dan SoftBank Group menolak menjual iPhone yang lebih tua. Informasi tersebut seperti dirangkum dari sumber yang sama.

Hal tersebut rupanya dikhawatrikan akan mengganggu pasar pesaing yang lebih kecil. Hanya saja memang Apple tidak disebutkan dalam laporan itu, tetapi dua sumber senior di pemerintah mengatakan kepada Reuters bahwa regulator berfokus pada perjanjian pasokan Apple dengan ketiga operator.

Selain itu, kabar yang terdnegar dari sumber-sumber industri mengatakan bahwa stok iPhone yang lebih tua terus keluar dari pasar dan dikirim ke pasar luar negeri seperti Hong Kong. Operator bisa menjual dengan harga diskon untuk memenangkan konsumen, namun ini malah membuat perusahaan asal Amerika Serikat itu meraih untung lebih dari pesaingnya seperti Samsung Electronics Co.

Tentunya cukup mengundang perhatian, dengan memberi berbagai diskon nyatanya perusahaan tetap mendapatkan untung yang lebih besar. Sejauh ini Regulator Jepang sendiri tengah mengumpulkan beberapa fakta, hingga kahirnya nanti jika terbukti melanggar aturan anti monopoli, maka Apple benar-benar akan dituntut dan mendapat sanksi.

Top